Surabaya (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kebanjiran ucapan selamat atas prestasi yang diraihnya dengan masuk dalam 50 pemimpin terbaik dunia versi majalah Fortune.

"Saya sudah tahu dari pagi tadi. Sudah sekian orang yang memberikan ucapan selamat," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai melantik sejumlah pejabat struktural di Pemkot Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kebanyakan yang memberikan ucapan dari Jakarta. "Ada juga wali kota terbaik kedua yang mengirim saya email mengucapakan selamat," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya tidak terlena dengan semua itu, melainkan pihaknya tidak akan berhenti untuk terus berkarya. "Saya minta kreatif lagi dan tambah lagi," katanya.

Saat ditanya apakah hal itu akan menjadi beban, Rismaharini mengatakan hal itu tidak akan menjadi beban, melainkan terus bekerja membangun Surabaya lebih baik lagi.

"Warga Surabaya secepatnya harus sejahtera," katanya.

Keuntungan dari semua itu, lanjut dia, pihaknya lebih mudah menceritakan kepada dunia tentang Kota Surabaya. "Kalau dahulu, di forum internasional, saya harus menjelaskan Surabaya seperti apa sampai berjam-jam. Tapi sekarang lebih mudah dan cepat karena banyak yang sudah tahu Surabaya," katanya.

Sebagaimana dilansir http://fortune.com/worlds-greatest-leaders/, deretan 50 "World Greatest Leaders" dihuni oleh para tokoh ternama dari berbagai bidang. Mulai dari sektor bisnis, pemerintahan, hiburan, olahraga dan tokoh agama.

Posisi pertama diberikan pada CEO Apple Tim Cook. Dia dinilai cukup berhasil menahkodai perusahaan Apple sepeninggal Steve Jobs. Urutan kedua dan ketiga, masing-masing dihuni oleh Presiden European Central Bank Mario Draghi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Masih berdasar catatan tersebut, nama Tri Rismaharini menduduki posisi ke-24. Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini lebih baik satu strip dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg di urutan ke-25.

Selain tokoh-tokoh tersebut, beberapa nama kondang lainnya di antaranya, pemuka agama Paus Fransiskus (4), penyanyi Taylor Swift (6), pebasket Lebron James (31) dan pembawa acara Tonight Show Jimmy Fallon.

"Terpilih sebagai Wali Kota Surabaya pada 2010, Rismaharini mengubah kota berpenduduk 2,7 juta jiwa menjadi kota metropolis baru di Indonesia yang fokus pada ruang terbuka hijau (RTH) dan pelestarian lingkungan. Kota yang sebelumnya terkenal dengan polusi dan kepadatannya, kini dipercantik dengan 11 taman asri dan RTH lainnya. Dalam beberapa hal, bahkan kompleks pemakaman dikembangkan dan didesain ulang agar lebih menyerap air dan mengurangi banjir," demikian ditulis Fortune dalam profil Tri Rismaharini di website.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015