Wonosobo (ANTARA News) - Bencana tanah longsor di Kampung Semagung, Kelurahan Jaraksari, Kabupaten Wonosobo, pada Jumat siang mengakibatkan seorang ibu rumah tangga, Laila Musbechi (31) tewas tertimpa material longsoran.

Lurah Jaraksari, Nuri Utomo, di Wonosobo, mengatakan hujan deras yang terjadi di kota Wonosobo selepas shalat Jumat sekitar satu jam mengakibatkan sebuah tebing di Kampung Semagung longsor.

"Korban tewas diduga akibat terkena material batu besar yang longsor dari tebing setinggi tiga meter di belakng rumahnya," katanya.

Ia mengatakan tebing yang longsor tidak terlalu tinggi, namun akibat material yang dibawa berupa tanah, pohon, dan batu cukup banyak membuat dinding rumah yang terbuat dari batako jebol.

"Diduga akibat terkena reruntuhan tembok ini, Laila yang saat kejadian sedang makan siang di dalam rumah, tidak bisa menghindar dan langsung terkena reruntuhan material, akibatnya nyawa ibu dua anak ini tidak bisa tertolong dan meninggal di lokasi kejadian," katanya.

Tetangga korban, Sudarto, mengatakan kejadian longsor sekitar pukul 13.45 WIB. Waktu itu anak pertama korban, Radit yang tercatat sebagai siswa kelas 4 SD sedang membeli jajan di warung, sedangkan anak kedua, Ayu yang masih berusia 14 bulan sedang tidur di kamar sebelah tempat kejadian.

Suami korban, katanya, saat ini sedang bekerja merantau di Kalimantan.

Ia mengatakan korban saat ditemukan sudah meninggal dengan posisi tubuh tertimbun material lumpur dan batu.

Ia mengatakan sekitar 30 menit warga dibantu aparat TNI/Polri melakukan proses pencarian. Setelah berhasil ditemukan, korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Islam (RSI) untuk diotopsi. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015