Jakarta (ANTARA News) - All-new Alphard dan all-new Vellfire generasi ketiga diluncurkan  pada Jumat (27/3) untuk pasar Indonesia oleh  PT. Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta .

Keduanya merupakan MPV Premium Toyota yang didesain dan dikembangkan dengan konsep terbaru, yakni grandeluxe.

Apa perbedaan dua MPV Luxury Sport tersebut? "Masing-masing memiliki segmen tersendiri. Perbedaan Vellfire dan Alphard itu ada pada desain eksteriornya," kata Marketing Director PT TAM Rahmat Samulo.

Menurut Rahmat, Vellfire ditujukan bagi konsumen yang mementingkan gaya dan sporty sedangkan Alphard lebih mengekspresikan karakter yang kalem dan berwibawa.

Generasi ketiga MPV Premium tersebut tidak hanya memberikan rasa kemewahan tetapi juga kenyamanan hingga penumpang di kabin belakang.

Chief Engineer Toyota Motor Corporation Kenichi Yoshioka menyebut  dua kendaraan itu dibuat dengan semangat omotenashi atau "melayani dengan sepenuh hati".

"Saya beri contoh, ada orang yang bawa mobil, dia merasakan kemewahan dan bisa menikmatinya, tetapi penumpang yang di belakang juga bisa merasakan rasa mewah, nyaman, dan senang. Ibaratnya ini sedan mewah yang diperbesar dan dirangkai dengan lebih bagus," jelas Yoshioka.

Dibandingkan model sebelumnya, sejumlah perubahan mendasar dilakukan untuk All New Alphard dan All New Vellfire pada sistem suspensi dan mesin baru, dimensi yang lebih luas, dan desain inovatif.

Interior juga mengalami perubahan untuk memberikan kenyamanan lebih mewah kepada pelanggan.

Captain Seat
yang dihadirkan pada Alphard memberikan kenyamanan kepada penumpang ditambah dnegan Rear Seat Entertainment yang memanjakan penumpang di kabin.

"Konsep grandeluxe ini merupakan teknologi pertama di dunia yang mengedepankan kualitas kemewahan utama dengan pengalaman personal bagi penumpang yang berada di kabin Alphard dan Vellfire," kata Yoshioka.

Lebih mewah dan nyaman Sejak hadir pada tahun 2002, Alphard menjadi MPV Premium yang sangat digemari di Jepang.

Pada tahun 2008, generasi kedua Alphard dihadirkan dengan desain yang lebih mewah serta kenyamanan bagai kereta kencana.

Dan pada tahun yang sama, Toyota menghadirkan Vellfire untuk konsumen yang menginginkan Alphard dengan tampilan yang lebih sporty namun dibalut kemewahan.

Yoshioka menyebut Vellfire ibarat kereta lintas Amtrak.

Alphard diambil dari  nama bintang paling terang di konstelasi Hydra, sekitar 177 tahun cahaya jaraknya dari bumi.

Vellfire berasal dari gabungan nama "Velvet" dan "Fire". Hal ini menunjukkan karakter desain  yang lebih berani, dinamis dan passionate.

Empat tahun lalu, Yoshioka menyambangi Indonesia. Saat ia mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan, ia melihat bahwa banyak ornag Indonesia yang memiliki sopir dan banyak dari orang Indonesia yang biasanya mempunyai setidaknya dua mobil ukuran minivan dan sejenis porsche.

"Dari situ saya mendapat ilham, bagaimana agar pelanggan bisa memiliki mobil porsche dengan ukuran minivan. Saya berterimakasih dengan Indonesia yang memungkinkan ide ini. Saya puas 100 persen dengan hasilnya," ujarnya.

Ia mengibaratkan bahwa kelahiran dua saudara Alphard dan Vellfire yang baru ini ibaratnya sedan mewah yang diperbesar dan dirangkai dengan lebih bagus.

Dibalik tampilan luarnya yang gahar, Yoshioka membawa kenyamanan di dalam interior all-new Alphard maupun all-new Vellfire.

Terinspirasi dari hobi karate, Yoshioka yang pemegang sabuk hitam itu membawa ilmu karate dalam proyeknya kali ini.

"Dari luar sepertinya kokoh dan gagah tetapi begitu masuk ke dalam sangat nyaman dan kekeluargaan. Kendaraan ini cocok untuk bercengkrama dengan keluarga di dalam karena begitu penuh dengan rasa sayang," jelasnya.

Ia pun menyebut konsepnya merupakan spesies baru dalam sebuah kendaraan yang disebut Luxury Saloon. Ide tersebut menyempurnakan konsep minivan tradisional yang biasanya terkesan kurang mewah menjadi elegan dengan keunggulan fitur-fiturnya.

"Kami meningkatkan performa dasar kendaraan, memperbaiki suspensi dengan double wishbone suspension," ujarnya.

Kenyamanan dari Alphard dan Vellfire generasi ketiga salah satunya karena getaran yang mampu diredam sehingga karakter keduanya diklaim lebih lembut dan nyaman.

"Misalnya saat mobil melewati sambungan jalan, getarannya jadi berkurang setengah daripada generasi kedua. Ban lebih menempel dengan mantap ke jalan dan saat belok, kendaraan memiliki gaya handling yang lebih tinggi. Sehingga kendaraan pun juga lebih stabil, lebih mudah dikendalikan dan membuat pengemudi lebih percaya diri," jelasnya.

Sementara itu, dimensi all-new Alphard dibuat lebih panjang 50 mm dan lebih lebar 55 mm namun tingginya berkurang 10 mm. Bangku belakang didesain bisa bergeser sepanjang 20 cm.

Perubahan lainnya, tampilan depan Alphard kini menyerupai Toyota Crown Majesta terbaru dengan grille yang sangat dominan dan lampu LED yang bertingkat. Untuk menambah kesan mewah dan elegan, All-new Alphard kini menggunakan pelek anyar 18 inchi.

Sedangkan Vellfire terbaru, memiliki wajah lebih sporty dengan ciri khas headlamp bertingkat dan grill yang besar, namun tak sebesar Alphard.

Harga on the road Jakarta adalah : New Alphard 2.5 X : Rp830 juta, New alphard 2.5 G: Rp980 juta, New Vellfire 2.5 G: Rp980 juta, Flagship New Alphard Executive Lounge 3.5 Q: Rp1,53 miliar
Oleh
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015