Sepanjang mereka belum memenuhi syarat, belum berubah, klub tidak boleh bertanding. Jika tujuh klub belum lolos, hanya 11 klub dan kompetisi tetap berjalan,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) belum memastikan tujuh klub yang masih bermasalah terkait kelengkapan dokumen dapat diberikan rekomendasi meskipun tenggat waktu sudah mendekati gelaran "kick-off" ISL 4 April mendatang.

"Sepanjang mereka belum memenuhi syarat, belum berubah, klub tidak boleh bertanding. Jika tujuh klub belum lolos, hanya 11 klub dan kompetisi tetap berjalan," kata Ketua Umum BOPI Noor Aman saat konferensi pers di Kantor Kemenpora Jakarta, Jumat.

Noor Aman mengatakan kompetisi tetap akan digulirkan sesuai jadwal, yakni pada 4 April mendatang, tetapi hanya klub yang dikategorikan layak yang akan diberikan rekomendasi.

Sampai hari ini masih ada tujuh klub yang belum melengkapi persyaratan dokumen wajib, enam di antaranya bahkan masuk dalam kategori D yang belum direkomendasikan menurut penilaian BOPI.

Ketujuh klub tersebut adalah Mitra Kukar, Persela Lamongan, Gresik United, Perseru Serui, Pelita Bandung Raya, Arema Indonesia, dan Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya masuk dalam kategori C yang diberikan rekomendasi dengan catatan keras.

"Persebaya hanya masalah legalitas karena SIUP-nya tidak tercantum menyebutkan bina usaha keolahragaan," kata Noor Aman.

BOPI berharap ketujuh klub tersebut bisa menyelesaikan kelengkapan dokumen paling lambat pada Selasa (31/3), sehingga kategori klub bisa naik dan dinilai layak untuk direkomendasi.

"Rekomendasi yang rencananya diumumkan tanggal 28 Maret belum bisa dilakukan, maksimal Selasa nanti baru ada rekomendasi. Kalau Ketua (Noor Aman) tetap ingin mengumumkan tanggal 28 Maret, hanya 11 klub yang layak direkomendasi," kata Ketua Tim Verifikasi BOPI Kolonel Cba Iman Suroso.

Sebelumnya pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi X DPR RI, BOPI diminta untuk memberikan toleransi kepada klub yang masih bermasalah, dengan catatan mereka harus memenuhi kelengkapan dokumen hingga setengah musim kompetisi.

Namun, BOPI menegaskan hasil RDPU tersebut hanya masukan yang tidak wajib dijalankan dan bersikeras agar kompetisi diikuti oleh klub profesional yang lolos verifikasi.

Sementara ini, sebelas klub yang sudah lolos verifikasi dan diberikan rekomendasi adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Bali United, Barito Putra, Persiram Raja Ampat, Pusamania Borneo, PSM Makassar, dan Persiba Balikpapan.

Pewarta: Mentari DG
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015