Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Azis Syamsuddin mengatakan, para mantan pengurus KNPI dari berbagai latar belakang profesi sosial dan politik akan mendeklarasikan suatu wadah organisasi yang bernama Korps Alumni KNPI.

Rencananya, deklarasi Korps Alumni KNPI ini dilaksanakan pada hari Senin mendatang, (30/3), di Hotel Sultan Jakarta.

Aziz yang didapuk menjadi Ketua Umum Korps Alumni KNPI mengatakan, pengurus Korps Alumni KNPI terdiri dari Sekjen Korps Alumni KNPI Sayed Muhammad Muliady yang juga kader PDI Perjuangan, serta Bendahara Umum Korps Alumni KNPI Rita Widyasari (Golkar) yang juga Bupati Kutai Kartanegara (Kunkar). Sedangkan deklarator sebanyak 15 orang.

"Di internal partai bertanya-tanya apa sebenarnya di balik pembentukan Korps Alumni KNPI. Bahkan para mantan pengurus dan mantan Ketua KNPI mencurigai ada agenda terselubung," kata Aziz Syamsuddin di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Ketua Komisi III DPR itu menegaskan tidak ada motif ataupun kepentingan politik kelompok di balik pembentukan Korps Alumni KNPI.

Mereka, lanjut Azis,  memegang teguh fatsoen politik bahwa ketika menjadi anggota Korps Alumni KNPI dilarang keras berbicara kepentingan partai dan kelompok.

"Kita berada di Korps Alumni KNPI bicara bagaimana memajukan Indonesia, bukan untuk partai atau pun kelompok," ujar Aziz yang didampingi Sekjen Korps Alumni KNPI Sayed Muhammad Muliady.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015