Kairo (ANTARA News) - Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi tiba di Mesir, Jumat, untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) Liga Arab, sementara di negaranya terjadi pertempuran pasukan sekutu pimpinan Arab Saudi dengan pemberontak Houthi, kata media televisi pemerintah Mesir.

Cuplikan video siaran saluran televisi tersebut memperlihatkan Hadi tiba di tempat pertemuan itu dilangsungkan, di loka wisata Sharm El-Sheikh, tepi Laut Merah, dan disambut langsung oleh Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Pertemuan puncak Liga Arab itu dijadwalkan dimulai pada Sabtu dan berlangsung dua hari. Perundingan tersebut diperkirakan membicarakan pembentukan pasukan Arab untuk memperbesar pengaruh campur tangan sekutu pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Pesawat tempur pasukan sekutu Arab mengebom markas pemberontak pada serangan hari kedua, Jumat. Arab Saudi dituding Iran, yang diyakini membantu Houthi, melaksanakan serangan lintas negara.

Arab Saudi dilaporkan mengirimkan 150.000 tentara dekat perbatasan Yaman.

Serangan pertama pasukan koalisi Arab dilakukan pada Kamis atas permintaan Presiden Hadi, yang langsung terbang ke Riyadh.

(Uu.SYS/C/M054/C/B002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015