Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Inggris berhasil menghempaskan Lithuania dengan skor telak 4-0 dalam Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Wembley, Inggris, Sabtu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Inggris semakin kokoh di puncak klasemen Grup E dengan mengumpulkan 15 poin hasil 5 pertandingan. Sementara Lithuania tak bergerak dari posisi empat dengan raihan 6 poin.

Peluang pertama Inggris terjadi saat laga baru berjalan 4 menit. Wayne Rooney yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, gagal menciptakan gol akibat bola membentur tiang bawah gawang.

Rooney membawa Inggris unggul tiga menit kemudian. Gol tercipta saat bola sepakan Welbeck berhasil dibendung penjaga gawang Lithuania.

Bola liar yang mengarah ke tengah kotak penalti, disambar oleh Rooney dengan tandukan kepalanya. 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Menit ke-19, Rooney hampir menggandakan keunggulan. Peluang terjadi saat Welbeck berhasil melewati sisi kiri pertahanan Lithuania dan melepaskan umpan ke tiang jauh gawang. Rooney yang tak terkawal, menyambut si kulit bundar dengan tandukan kepala, namun, bola membentur tiang gawang.

Lithuania nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-32, saat Deivydas Matulevicius mendapatkan umpan di daerah pertahanan Inggris, namun Phil Jones berhasil melakukan tekanan yang membuat penyerang tak leluasa melepaskan tendangan.

Menjelang babak pertama usai, Welbeck merubah skor dengan membawa Inggris unggul 2-0. Berawal dari umpan silang Henderson, Welbeck menyundul si kulit bundar yang kemudian berbelok arah setelah mengenai bek Lithuania dan mengecoh penjaga gawang.

Inggris memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-58 lewat sepakan Raheem Sterling. Gol berawal dari aksi Wayne Rooney yang menerobos sisi kanan Lithuania dan melepaskan umpan mendatar ke depan gawang. Dengan tenang, Sterling menceploskan si kulit bundar ke gawang lawan.

Tim tuan rumah semakin perkasa dengan mencetak gol keempat pada menit ke-73. Gol tercipta saat Harry Kane berhasil menanduk bola hasil umpan matang Sterling tanpa mampu dihalau penjaga gawang. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan tercipta.

Berikut Susunan pemain kedua kubu seperti dilansir laman Sky Sports:
Inggris (4-3-3):  Joe Hart, Nathaniel Clyne, Gary Cahill, Phil Jones, Leighton Baines, Michael Carrick, Jordan Henderson, Fabian Delph, Raheem Sterling, Wayne Rooney, Danny Welbeck.

Lithuania (4-3-2-1): Giedrius Arlauskis, Marius Zaliukas, Tomas Mikuckis, Georgas Freidgeimas, Tadas Kijanskas, Vytautas Andriuskevicius, Karoliis Chvedukas, Saulius Mikoliunas, Arturas Zulpa, Deivydas Matulevicius, Fedor Cernych

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015