Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Spanyol menang tipis atas Ukraina dengan skor 1-0 dalam Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Spanyol, Sabtu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Spanyol tak beranjak dari peringkat dua klasemen sementara Grup C dengan raihan 12 poin hasil 5 laga. Sementara Ukraina berada di bawah Spanyol dengan perolehan 9 poin dari 5 laga.

Spanyol memperoleh peluang pertama di menit ke-5. Menerima umpan matang dari Iniesta, David Silva berhasil mengirimkan bola ke mulut gawang Ukraina, namun si kulit bundar berhasil dihalau pemain bertahan.

Koke menjajal peruntungannya pada menit ke-15 dengan melepaskan tendangan keras dari jarak jauh, namun bola masih bisa dihalau kiper Andriy Pyatov.

Spanyol akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-28. Morata yang mendapatkan umpan matang dari Koke, melesakkan bola ke gawang Lithuania tanpa mampu dibendung penjaga gawang. 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Silva berpeluang membawa Spanyol menggandakan keunggulan pada menit ke-35 jika sepakan kerasnya di dalam kotak penalti tak mampu dibendung penjaga gawang.

Lima menit kemudian, Ramos kembali menciptakan peluang untuk Spanyol. Menerima umpan matang dari Silva, Ramos yang tak terkawal di depan mulut gawang, menyundul si kulit bundar. Namun, upayanya "digagalkan" tiang gawang.

Beranjak ke babak kedua, Ukraina menunjukkan perlawanan lewat aksi Ruslan Rotan pada menit ke-57. Rotan melesakkan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun Casillas dengan sigap menghalau bola.

Casillas kembali mempertontonkan kegemilangannya di menit ke-67 saat mengantisipasi tembakan keras kedua Rotan.

Tiga menit jelang waktu normal laga berakhir, Cazorla menciptakan peluang emas setelah memanfaatkan umpan Isco. Namun sepakan pemain kidal tersebut berhasil dimentahkan penjaga gawang. Hingga laga usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Susunan Pemain
Spanyol (4-1-4-1): Iker Casillas, Sergio Ramos, Juanfran, Gerard Piqué, Jordi Alba, Andres Iniesta, David Silva, Sergio Busquets, Isco, Koke, Álvaro Morata

Ukraina (4-2-3-1): Andriy Pyatov, Olexandr Kucher, Vyacheslav Shevchuk, Artem Fedetskiy, Evgen Khacheridi, Ruslan Rotan, Anatoliy Tymoshchuk, Taras Stepanenko, Evgeni Konoplyanka, Andry Yarmolenko, Roman Zozulya

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015