Podgorico (ANTARA News) - Pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 antara Montenegro dan Rusia di Podgorico Sabtu dini hari tadi dihentikan saat kedudukan masih 0-0 akibat penonton rusuh memaksa wasit asal Jerman menghentikan permainan pada dua kesempatan berbeda.

Wasit Deniz Aytekin pertama kali menghentikan permainan pada sekitar menit 30 setelah kiper tim tamu Igor Akinfeev terkena suar. Kedua, dia menghentikan pertandingan benda-benda dilemparkan dari tribun penonton pada babak kedua.

Akinfeev (28) terhantam suar dari belakang gawang pada bahu kanannya di Stadion Gradski, hanya beberapa saat setelah pertandingan kualifikasi Grup G itu dimulai.

Kiper CSKA Moscow itu ditandu ke luar lapangan dan dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan, sedangkan Aytekin meminta para pemain meninggalkan lapangan dan menghentikan pertandingan.

Dokter UEFA Slobo Mandic merawat Akinfeev dan mengatakan sang kiper dalam kondisi sadar.

Pendukung Montengero meminta maaf melalui pengeras suara di stadion dan berkata bahwa "hooligan" yang melemparkan suar telah diidentifikasi.

Pertandingan itu kemudian kembali dilanjutkan namun posisi Akinfeev di lapangan diisi Yuri Lodygin.

Pada babak kedua Rusia mendapat hadiah penalti pada menit 66 dan ini memicu kekhawatiran kubu tuan rumah.

Penalti kapten Rusia Roman Shikorov digagalkan kiper tuan rumah Vukasin Poleksic. Setelah ini terjadi perkelahian antar pemain untuk kemudian diikuti oleh para pemain cadangan.

Dan ketika satu benda yang dilemparkan dari penonton mengenai salah satu pemain Rusia, wasit memutuskan menghentikan pertandingan ini.

FIFA bisa menghadiahi kemenangan 3-0 bagi Rusia, sedangkan Montenegro kemungkinan mendapatkan sanksi lebih lanjut, demikian AFP.

(H-RF/A016)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015