Jakarta (ANTARA News) - Double cabin bertransmisi Otomotis all-new NP300 Navara pekan depan akan diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Salah satu rangkaian aktivitas peluncuran All New NP300 Navara adalah uji ketangguhan kendaraan double cabin 4WD ini dalam menaklukkan alam liar Tambora di Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Dalam ekspedisi pada 18 - 24 Maret 2015, All New NP300 Navara menempuh perjalanan lebih dari 1.300 km dengan berbagai kondisi medan dan jalanan yang sangat menantang.

"Kami berhasil membuktikan ketahanan dan ketangguhan mobil ini menempuh berbagai medan yang ekstrem. Ini menjadikan All New NP300 Navara sebagai double cabin bertransmisi otomatis pertama yang berhasil menaklukkan Gunung Tambora," kata Steve Ardianto, President Director NMI, dalam siaran pers.

Perjalanan panjang menuju Gunung Tambora dimulai dari Mataram menuju kota Dompu di Pulau Sumbawa.

Dari desa Doropeti di kaki Gunung Tambora, All New NP300 Navara diuji ketangguhannya melalui berbagai medan yang menantang, seperti jalan berbatu dan licin saat menuju Pos 2, yang menjadi salah satu rintangan tersulit untuk dilewati.

Berkat teknologi Hill Descent Control, All New NP300 Navara dapat melalui turunan, jalan bergelombang dan juga jalanan berbatu yang licin dan sulit untuk dilalui.

Selain itu, Hill Start Assist juga membantu kendaraan agar tidak merosot saat berada di tanjakan selama tiga detik, menjadi teknologi yang sangat berguna saat menyusuri lereng Tambora yang cukup curam.

Fungsi Traction Control System dan Active Brake Limited Slip bekerja sama mencegah roda penggerak kehilangan cengkeraman di permukaan jalan yang berpasir, terbukti keandalannya.

Jalanan yang berliku-liku dan tikungan yang tajam berhasil dibabat habis All New NP300 Navara, berkat fitur Vehicle Dynamic Control yang bekerja menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver.

Setelah menempuh perjalanan pendakian selama 12 jam sejak dari Doropeti, All New NP300 Navara berhasil mengatasi semua rintangan alam Tambora.

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015