Pak Lee banyak mendorong pembangunan masyarakat ASEAN."
Singapura (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Agung Laksono mengenang almarhum Lee Kuan Yew sebagai negarawan dan salah seorang tokoh pembangunan masyarakat Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Pak Lee adalah salah satu tokoh pembangunan masyarakat ASEAN," katanya sebelum memberikan penghormatan terakhir kepada Lee Kuan Yew (91) yang jenazahnya disemayamkan di Gedung Parlemen Singapura, Sabtu.

Menurut dia, Perdana Menteri (PM) pertama Singapura yang meningggal pada Senin (23/3) berteman baik dengan Presiden Republik Indonesia Soeharto almarhum.

Kedua tokoh tersebut, dinilai Agung, semasa hidupnya memimpin negara masing-masing yang juga sangat cocok menjadi pemimpin ASEAN.

"Pak Lee banyak mendorong pembangunan masyarakat ASEAN," katanya.

Mantan Ketua DPR RI ini juga menilai, Lee Kuan Yew berjiwa kenegarawanan dan figur yang bersih maupun bebas dari skandal korupsi maupun kasus lainnya.

Lee ketika berkunjung ke Indonesia pernah menyempatkan berziarah ke makam Usman dan Harun, dua prajurit Indonesia yang gugur ketika melakukan serangan ke Singapura pada era Presiden RI pertama Soekarno saat konfrontasi.

Pada kesempatan tersebut, Agung berharap semangat untuk membangun ASEAN dapat diteruskan pemimpin di negara-negara kawasan itu saat ini mauoun masa mendatang.

Jenazah Lee Kuan Yew saat ini disemayamkan di Gedung Parlemen Singapura, dan dijadwalkan akan dimakamkan pada Minggu (29/3).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015