Keempatnya perlu dipahami dan dijalankan oleh seluruh lapisan masyakat terutama generasi muda,"
Sungailiat (ANTARA News) - Anggota DPR RI, Azhar Romli menyosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada para pemuda Desa Karya Makmur, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar generasi muda bangsa dapat mengetahui dan memahami.

Menurut Azhar Romli di Sungailiat, Sabtu, empat pilar kebangsaan itu meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

"Keempatnya perlu dipahami dan dijalankan oleh seluruh lapisan masyakat terutama generasi muda," katanya.

Kurangnya pemahaman atas empat pilar itu, menurut dia, antara lain dapat melemahkan toleransi dan rasa kebersamaan sebagai satu bangsa termasuk rapuhnya sistem budaya dalam menghadapi gempuran pengaruh luar.

"Kegiatan ini sebagai silaturahim sekaligus memberikan pengetahuan mengenai nilai-nilai kebangsaan," katanya menambahkan.

Sementara tokoh masyarakat setempat, Nurdin Bayu mengatakan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan itu untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat.

"Saya mendukung sekali disosialisasikannya empat pilar ini karena selain memberikan tambahan wawasan bagi masyarakat terutama generasi muda, juga dapat memperkuat keutuhan bangsa Indonesia atau menciptakan kekuatan nasionalisme," katanya.

Dia menyakini jika empat pilar kebangsaan itu sudah terpatri dalam diri masyarakat Indonesia maka tidak akan mudah tergoda oleh pengaruh luar yang sangat kuat.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015