Ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang peran hutan dalam menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca yang berpengaruh dalam dinamika perubahan iklim dunia,"
Depok (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan Universitas Indonesia (UI) melakukan kerja sama terkait penelitian dan pengembangan lingkungan hidup dan kehutanan.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang peran hutan dalam menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca yang berpengaruh dalam dinamika perubahan iklim dunia," kata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di sela acara Penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional 2015 di Kawasan Huta Kota UI Depok, Jabar, Sabtu.

Kawasan Hutan Kota UI yang dikelola UI saat ini telah mencirikan ekosistem hutan tropis dengan tiga bentuk ekosistem unggulan yaitu ekosistem pepohonan yang bersumber dari Indonesia Bagian Timur.

Selain itu, ekosistem pepohonan wilayah Indonesia Bagian Barat dan komplek vegetasi asli Jabodetabek juga dipadu serasi dengan kawasan Hutan Jati Mas yang tumbuh di antara gedung perkuliahan di UI kampus Depok.

Sementara itu Rektor UI Muhammad Anis mengtakan UI mendukung sepenuhnya pelestarian serta peningkatan jumlah luas Ruang Terbuka Hijau di DKI Jakarta serta kota satelitnya seperti Depok.

UI senantiasa menjaga kelestarian Hutan Kota UI dengan mengelola lingkungan Hutan dan area terbuka hijau secara mandiri. Namun UI juga membuka peluang kerjasama dengan instansi yang peduli terhadap lingkungan, seperti kegiatan penanaman pohon kali ini yang sepenuhnya didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Anis mengatakan UI merupakan universitas yang memiliki ekosistem asri dan hijau yang terdiri atas Bangunan fisik gedung dan penyangga hijauan lansekap (170 hektar), ekosistem perairan (30 hektar), kawasan Hutan Kota (100 hektar) dan sarana prasarana penunjang termasuk penyangga lingkungan (12 hektar).

Ekosistem tersebut dikelola untuk menjaga keasrian kampus, kenyamanan kegiatan belajar mengajar, konservasi alam serta mendukung cadangan air (diharapkan dapat menyuplai 825 juta meter kubik air bersih) dan kualitas udara kota Depok dan DKI Jakarta serta menahan banjir meluap ke Margonda dan sekitarnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya dan Rektor Universitas Indonesia (UI) .Muhammad Anis serta

Wali kota Depok Nur Mahmudi bersama dengan 700 peserta yang terdiri atas siswa SD, mahasiswa UI dan masyarakat melakukan kegiatan Penanaman Pohon.

Pohon-pohon yang akan ditanam di hutan UI adalah jenis-jenis pohon asli Indonesia Bagian Barat seperti Meranti-merantian dan jenis-jenis buah langka seperti Kemang, Kepel, Kupa Gowok, dan Bisbul.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap implementasi UU No. 26/2007 tentang Penataan Ruang dengan target yang ingin dicapai oleh Pemerintah adalah luas Ruang Terbuka Hijau paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Kegiatan penanaman pohon di Hutan Kota UI sejalan dengan upaya UI mendorong terciptanya green campus serta pendidikan lingkungan bagi masyarakat, terutama mahasiswa UI dan pelajar pada umumnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015