Kami meminta bantuannya (UMJ) untuk memberikan konsep perubahan untuk pelayanan publik sehingga rakyat mendapatkan pelayanan yang baik. Insya Allah ke depan, tugas pemerintah yang efektif agar terwujud,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menggaet Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk menciptakan konsep pelayanan publik yang lebih baik demi terciptanya pemerintahan yang efektif.

"Kami meminta bantuannya (UMJ) untuk memberikan konsep perubahan untuk pelayanan publik sehingga rakyat mendapatkan pelayanan yang baik. Insya Allah ke depan, tugas pemerintah yang efektif agar terwujud," kata Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi seperti dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Rencana kerja sama tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah sekaligus sebagai tindak lanjut setelah Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ diresmikan.

Ia berharap Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ dapat menjadi pionir berdirinya pusat-pusat kajian pelayanan publik di berbagai universitas lain di Indonesia.

"Kami berharap pusat kebijakan ini bisa disebar di seluruh kampus-kampus yang ada di Indonesia ke depan," tutur dia.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Rektor UMJ, H. Syaiful Bakhri mengaku bangga kampus yang dipimpinnya dapat membuat program studi (prodi) yang menggagas ilmu kajian good governance. Ia berharap kajian pelayanan publik tersebut dapat membantu pemerintah melaksanakan konsep good governance.

"Ini tantangan bagi kami untuk bisa mengembangan prodi ini dan mudah-mudahan Pak Menteri membuat sesuatu yang monumental dalam rangka mendirikan good governance karena Menteri PANRB adalah jantungnya sebuah perubahan peradaban menuju Indonesia yang berkelanjutan," kata Syaiful.

Menteri Yuddy Chrisnandi meresmikan Pusat Kajian Pelayanan Publik UMJ serta menyambut baik adanya pusat kajian tersebut karena akan membantu kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain meresmikan pusat kajian, MenPAN-RB juga menjadi pembicara seminar nasional bertajuk Inovasi Pelayanan Publik Menuju Good Governance di Aula FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta pada Sabtu.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015