Jakarta (ANTARA News) - Organisasi di bawah naungan WWF, "Earth Hour", mempublikasikan aktivitas-aktivitas pemadaman lampu di sejumlah kota di dunia dalam rangka peringatan Jam Bumi yang jatuh setiap Sabtu terakhir bulan Maret per tahunnya.

"Inilah sepenggal video dari #EarthHour 2015! Lihatlah pemadaman lampu di Indonesia, Jepang dan Filipina," demikian seperti ditulis akun Twitter resmi "Earth Hour" yang dipantau dari Jakarta, Sabtu.

Dalam video tersebut nampak kegiatan pemadaman lampu di kota Balikpapan.

Berdasarkan pantauan Antara, nampak sejumlah gedung di area sekitar Jakarta Pusat yaitu Bundaran HI dan gedung di kawasan MH Thamrin mengalami pemadaman selama satu jam.

Lewat akun Twitter-nya, "Earth Hour" terus berupaya mempromosikan kepada masyarakat global agar terus terlibat dalam penyelamatan lingkungan atau bukan hanya saat pemadaman lampu saja.

Organisasi yang peduli terhadap isu perubahan iklim itu juga mempublikasikan video pemadaman lampu di Nepal, Taiwan dan Hong Kong.

Kegiatan global itu sendiri secara umum berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

"Earth Hour" 2015 tahun ini dilaksanakan di sejumlah negara pada 28 Maret 2015 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Kegiatan yang dicetuskan Leo Burnett dan WWF ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007.

Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney, Australia berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan.

Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada "Earth Hour" 2008.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015