Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Wales berhasil mengalahkan Israel dengan skor 3-0 lewat aksi Gareth Bale dan Aaron Ramsey dalam pertandingan Kualifikasi Euro 2016 di kandang Israel, Minggu dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Wales naik ke puncak klasemen sementara Grup B dengan raihan 11 poin hasil dari lima pertandingan. Sementara Israel harus turun ke posisi dua dengan perolehan 9 poin.

Wales mendapatkan peluang pertama pada menit ke-8 lewat tendangan Ramsey setelah berhasil melewati Damari, namun bola melebar dari sasarannya.

Menit ke-12 giliran Bale menunjukkan aksinya. Pemain Real Madrid ini berhasil menerobos baris pertahanan Israel dan langsung menyontekkan si kulit bundar. Tetapi, bola melenceng ke sisi luar gawang.

Bale dan Ramsey terus melakukan tekanan terhadap tim tuan rumah sebelum Israel mencoba membalas pada menit ke-32. Zahari yang berhasil menembus kotak penalti Wales dan tak terkawal, langsung melesakkan bola lewat kaki kanannya. Namun Hennessey mampu menghalaunya.

Jelang babak pertama usai, Wales memecah kebuntuan. Gol berawal dari umpan matang Bale kepada Ramsey. Ramsey yang tak terkawal, berhasil menyundul bola ke gawang Israel tanpa mampu diantisipasi penjaga gawang.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Bale menggandakan keunggulan Wales dengan mencetak gol cantik langsung dari tendangan bebas.

Sejak menit ke-51, Israel harus bermain dengan 10 pemain usai Tibi mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras.

Wales kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-71 lewat tendangan pemain pengganti Vokes, namun bola masih bisa diamankan penjaga gawang Israel.

Bale menambah keunggulan Wales pada menit ke-77. Gol berawal dari aksi Ramsey yang berhasil mengirimkan bola ke area penalti lawan yang langsung disontek Bale. 3-0 untuk keunggulan tim tamu hingga laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir Sky Sports:
Israel: Marciano, Dgani, Ben Haim, Tibi, Ben Harush, Yeini, Natkho, Ben Haim II, Refaelov, Zahavi, Damari.

Wales: Henessey, Gunter, Taylor, B Davies, A Williams, Collins, Allen, Ledley, Ramsey, Bale, Robson-Kanu.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015