Doha (ANTARA News) - Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, membawa Ducati berada pada posisi start terdepan pada Grand Prix pembuka musim Qatar, di mana juara dunia dua kali asal Honda Marc Marquez akan start dari posisi ketiga di bawah sorotan lampu pada Sabtu (Minggu WIB).

Dovizioso mengamankan posisi start terdepan ketiga sepanjang keikutsertaan di kategori teratas dengan catatan waktu putaran terakhirnya di detik-detik akhir setelah rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, yang akan start dari posisi kedua, menorehkan catatan waktu untuk dilampaui.

"Kecepatan sepeda motor ini begitu bagus, sekarang saya dapat berpikir tentang berjuang pebalap-pebalap tercepat di balap," ucapnya kepada BT Sport.

Ducati tidak pernah menang di MotoGP sejak 2010 namun mereka bersaing di musim ini di kategori terbuka, yang akan membuat mereka menggunakan ban-ban yang lebih lunak di kualifikasi daripada pabrikan-pabrikan rival mereka, yang merupakan salah satu keuntungan.  

Catatan waktu terbaik Dovizioso adalah satu menit 54,113 detik, catatan itu 0,217 detik lebih cepat daripada yang ditorehkan pebalap Spanyol Pedrosa dan pemenang tahun lalu Marquez sebesar 0,324 detik.

"Hal terpenting adalah bahwa kami mencapai target yakni berada di baris depan," kata Marquez, yang start dari posisi terdepan pada tahun lalu. "Tentu saja saya mengharapkan (catatan waktu yang) sedikit lebih (baik) namun saya melakukan beberapa kesalahan, mungkin saya mendorongnya terlalu banyak."

"Namun, bagaimanapun hal terpenting adalah untuk besok kami memiliki kecepatan yang bagus, kami akan berusaha untuk menikmati balap dan itu akan menjadi benar-benar menarik."

Tiga dari lima pebalap teratas adalah pebalap Ducati, di mana Andrea Iannone asal Italia lolos kualifikasi di urutan keempat, dan pebalap Kolombia Yonny Hernandez yang membela tim non pabrikan Pramac Racing Team akan start dari urutan kelima.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015