Kementerian Sosial harus segera melakukan verifikasi data kemiskinan yang ada. Setelah validasi data dilakukan, diharapkan distribusi bantuan melalui program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang sudah diprogramkan bisa segera dilakukan,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian Sosial untuk segera melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terhadap masyarakat miskin.

"Kementerian Sosial harus segera melakukan verifikasi data kemiskinan yang ada. Setelah validasi data dilakukan, diharapkan distribusi bantuan melalui program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang sudah diprogramkan bisa segera dilakukan," kata Saleh Partaonan Daulay melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, selain KKS, antisipasi dampak kenaikan harga BBM juga bisa melalui program-program lain, seperti penambahan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

"Di dalam APBN-P 2015, komisi VIII telah menyetujui penambahan alokasi anggaran kurang lebih Rp14 triliun untuk program-program pengentasan kemiskinan di Kemensos. Untuk program KKS saja telah disetujui pendistribusiannya untuk 3 bulan. Begitu juga penambahan penerima program keluarga harapan," tuturnya.

Menurut Saleh, program-program jaringan pengaman sosial harus segera dieksekusi untuk mengantisipasi kenaikan BBM yang tiba-tiba. Dia berharap program-program itu dapat mengurangi dampak kenaikan BBM bagi masyarakat miskin.

"Setidaknya, masyarakat miskin bisa menyesuaikan diri untuk masa tiga bulan ke depan," ujarnya.

Selain itu, Saleh mengatakan program-program lain seperti Kelompok Usaha bersama (KUBe), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan lain-lain juga sebaiknya segera diimplementasikan.

Program-program itu diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat miskin. Menurut Saleh, penciptaan lapangan kerja sangat penting dalam suasana pascakenaikan harga BBM.

"Selain untuk meringankan keluarga sasaran, penciptaan lapangan kerja juga diyakini akan berdampak langsung bagi masyarakat di sekitarnya," katanya.

Saleh menilai kenaikan harga BBM akan berdampak luas bagi masyarakat. Selain berimplikasi naiknya harga-harga bahan kebutuhan pokok, kenaikan harga BBM juga akan menyebabkan munculnya pengangguran di berbagai pelosok tanah air.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015