Kendari (ANTARA News) - Tim Dragon Boat (perahu naga) Indonesia memprediksi kekuatan Myanmar, Thailand dan Filipina sebagai pesaing berat di arena ASEAN Games XXVIII Singapura.

Pelatih utama Pelatnas dragon boat Indonesia, Herman Harun melalui telepon dari Pengalengan, Jawa Barat, Senin, mengatakan, materi atlet ketiga negara tersebut sama handalnya dengan tim Merah Putih.

"Kekuatan pedayung Indonesia, Myanmar, Thailand dan Filipina boleh dikatakan sama sehingga sama-sama optimistis juara dan juga sama-sama cemas," kata Herman pelatih nasional asal Sultra.

Sehingga, faktor yang dominan merebut medali emas adalah mental juara dan keberuntungan saat menjalani lomba.

"Atlet dan pelatih memohon dukungan doa dari rakyat pecinta dayung Indonesia untuk mewujudkan tekad mengharumkan nama bangsa," ujar Herman.

Untuk mengukur kemampuan para atlet menghadapi Sea Games yang akan digelar 5-16 Juni 2015 di Singapura maka dalam waktu dekat akan menjalani pertandingan ujicoba di negara pemegang gelar juara dragon boat.

Skuat dragon boat Indonesia sebanyak 28 pedayung, terdiri dari 14 putra dan 14 putri yang akan memperebutkan 8 medali emas, 8 medali perak dan 8 medali perunggu.

Mereka akan adu kecepatan pada jarak 500 meter putra/putri 12 pedayung, jarak 500 meter putra/putri enam pedayung, jarak 200 meter putra/putri 12 pedayung dan jarak 200 meter putra/putri enam pedayung.

Meskipun tim dragon boat asuhan pelatih Herman Harun, Lampung, Kuat dan Verderika belum mematok target perolehan medali namun optimistis mengatasi rival di arena Sea Games Singapura.

Pewarta: Sarjono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015