Solo (ANTARA News) - Tuan rumah Persis akhirnya harus mengakui keunggulan tamunya Mitra Kukar, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 2-3 pada pertandingan uji coba di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Senin.

Pada babak pertama, Persis berani tampil terbuka dengan menyerang ke pertahanan lawan yang dijaga pemain berpengalaman Zulkifli Syukur, Jorge Gotor Blas, Dedy Gusmawan dan Anindito Wahyu

Tetapi pemain depan Persis Ferryanto, Andrid Wibowo, dan Andika terlihat kesulitan untuk menembus lini lini pertahanan Mitra Kukar.

Persis memiliki peluang melalui Andrid Wibowo menit keempat yang hanya berhadapan dengan kiper Mitra Kukar Rivki Mokodompit, tetapi tendangannya melambut di atas mistar Mitra Kukar, sehingga kedudukan tetap 0-0.

Persis baru bisa menjebloskan bola ke dalam gawang Mitra Kukar menit ke-12 melalui tendangan Ferryanto yang memanfaatkan umpan terobosan dari Qoirun Sandy, Ferryanto berhasil mengicoh kiper Mitra Kukar, dan bola masuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Mitra yang ketinggalan satu gol berhasil menyamakan kedudukan menit ke-27 melalui Roy Odonovan setelah memanfaatkan bola lepas dari tangkapan kiper Persis, Johan Setiawan, sehingga kedudukan menjadi 1-1. Kedudukan sama kuat ini hingga babak pertama selesai.

Persis memasuki babak kedua tetap bermain terbuka melakukan serangan baik melalui pemain sayap kanan dan kiri, tetapi seranganya mampu dihalau pemain barisan belakang Mitra Kukar yang bermain solid.

Persis harus mengaku keunggulan Mitra Kukar setelah menit 49 kebobolan melalui Diego Michels yang memanfaakan kemelut di depan gawang Johan, dan mengubah kedudukan menjadi 1-2 untuk Mitra.

Persis yang kebobolan dua gol karena semuanya kesalahan kiper yang bermain kurang tenang, kemudian Johan Setiawan ditarik keluar dan digantikan Dian Rompi.

Bahkan, Persis harus kebobolan lagi menit 69 melalui tendangan keras yang dilakukan oleh Fajar Handika sehingga kedudukan menjadi 1-3 untuk Mitra.

Persis yang ketinggalan tiga gol tetap bermain semangat untuk mengejar atas Mitra Kukar, melalui Ainudin dan Andrid Wibowo yang berani masuk kepertahanan lawan. Persis akhirnya mampu memperkecil kekalahan menit 86 melalui tendangan Andrid Wibowo.

Gol Persis berawal dari serangan dari bawah melalui Ainudin kemudian bola disodorkan ke Andrid yang berhasil membawa bola dan melewati dua pemain dan langsung menendang bola ke arah gawang masuk, sehingga kedudukan menjadi 2-3.

Persis sebenarnya mampu menyamakan kedudukan melawan Mitra, jika peluang dari Ainudin menit 68 yang tinggal berhadapan dengan kiper lawan, tetapi bolanya hanya lemah dan tidak menghasilkan gol. Kedudukan 2-3 untuk Mitra ini tetap bertahan hingga babak kedua berakhir. 

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015