Sangatta (ANTARA News) - Rambutan rafiah akan menjadi salah satu buah lokal unggulan Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur, Hormansyah, menjelaskan, saat ini sedang dikembangkan buah rambutan jenis "Rafiah" yang kedepannya akan menjadi buah lokal unggulan kita.

"Rambutan Rafiah ini memiliki rasa manis yang tiada duanya. Isinya tebal dan bajinya halus" kata Hormansyah, di Sangatta, Senin.

Menurutnya, rambutan rafiah yang berasal dari Bogor Jawa Barat ini ada istimewanya, karena manis dan itu isinya tebal bijinya kecil rambutan rafiah, asal bogor dikembangkan di kutim nanti.

Karena dia memiliki keistimewaan itulah, makanya dikembangkan dan kedepannya akan menjadi unggulan buah lokal yang diandalkan.

"Rambutan itu tidak ada lawannya, sebab kalau sekali mencoba akan ketagihan" kata Hormansyah lagi

Ia mengatakan di Kutai Timur selain rambutan rafiah yang dikembangkan, juga ada durian montong yang juga menjadi unggulan Kutai Timur selain aren genja.

Rambutan rafiah ini kata Horman, telah disajikan dibeberapa kegiatan di Sangatta dan saat pelaksanaan expo 2015 pekan lalu.

Kita sudah mulai mengenalkan kemasyarakat melalui kegiatan dan pameran di daerah. Dan ternyata mendapat respon positif masyarakat.

Pewarta: Adi Sagaria
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015