Mamuju, 31/3 (Antara)- Illegal fishing masih marak terjadi diperairan Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat tanpa mampu diatasi pemerintah Kabupaten Polman.

"Aturan baru yang diterbitkan pemerintah membuat kewenangan pemerintah d itingkat Kabupaten Polman menjadi sangat terbatas," kata Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Kabupaten Polman, Ahmad Saifuddin di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, aturan baru menyatakan bahwa perairan yang ada di Kabupaten Polman mulai 0-12 mil laut adalah merupakan kewenangan pemerintah di tingkat Provinsi Sulbar.

Menurut dia, kewenangan tersebut membuat pemerintah di Polman tidak bisa melakukan upaya untuk mengantisipasi praktik Illegal fishing yang dilakukan masyarakat yakni dengan menggunakan bom ikan.

"Pemerintah di Polman tidak bisa mengantisipasi illegal fishing karena kewenangan terbatas, maka dari itu yang dilakukan hanyalah pemberdayaan masyarakat nelayan," katanya.

Ia berharap pemerintah di tingkat Provinsi Sulbar dapat bekerja keras melakukan antisipasi dan pencegahan yang ada di kabupaten Polman.

Pengawas perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel Said Zainal Abidin di Mamuju, sebelumnya mengatakan, nelayan Sulbar juga sering melakukan pemboman ikan di wilayah Sulawesi Selatan yang merupakan wilayah tetangganya dan telah banyak fakta yang ditemukan jika nelayan Sulbar gemar melakukan pemboman ikan di perairan Sulsel khususnya di wilayah Kabupaten Pinrang, sehingga laut Sulsel menjadi rusak dan habitat ikannya menjadi berkurang.

Ia mengatakan, terumbu karang tempat berlindung hampir seluruhnya rusak di Sulsel, akibat cara penangkapan ikan ilegal yang dilakukan nelayan Sulbar itu, sehingga nelayan Sulsel harus menangkap ikan di laut lepas, karena di laut dekat yang jaraknya di bawah lima mil dari pantai, ikan sudah berkurang.

Ia berharap pembentukan kelompok nelayan penangkapan ikan ilegal dapat efektif untuk mencegah nelayan Sulbar merusak laut Sulsel, dan sangat diharapkan nelayan Sulbar menghentikan penangkapan ikan ilegal itu.

"Nelayan Sulbar yang berada di Kecamatan Binuang Kabupaten Polman berharap jangan lagi merusak laut karena itu hanya akan merugikan, karena ikan akan semakin berkurang," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015