Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto menerima kunjungan Presiden Parlement Jerman, Norbert Lammert, di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin.

Setya Novanto dalam pertemuan tersebut menyampaikan beberapa hal penting seperti peningkatan hubungan kerja sama kedua negara.

"Saya apresiasi adaya kemitraan strategis sebagai dasar kerja sama kedepan. Dokumen Deklarasi Jakarta Tahun 2012 Komitmen Bersama perlu ditindaklanjuti yakni dibidang infrasruktur, perdagangan, petahanan dan kekuatan energi," kata Novanto.

Kerja sama dalam bidang pembangunan, kata Novanto, Jerman adalah mitra strategis bagi Indonesia, yakni dibidang energi, perubahan iklim dan good governance. "Tentu hal itu akan membantu upaya pembangunan nasional," kata Novanto.

Tak lupa, Novanto juga menyambut baik partisipasi Indonesia sebagai Guest of Honor pada Frankfrut Book Fair yang akan dilaksanakan tanggal 14-18 Oktober 2015. "Ini tentu sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Jerman," katanya.

Untuk kerjasama antar parlemen, Novanto menyatakan, telah terbentuk Group Persahabatan antar parlemen Asean. "Perlu dipikirkan juga untuk membentuk grup persahabatan Indonesia-Jerman," ujarnya.

Terkahir, Novanto menyampaikan ucapan belangsungkawa atas insiden pesawat Germanwings yang jatuh di pegunungan Alpen.

"Perkenankanlah kami menyampaikan simpati dan belangsungkawa yang mendalam kepada rakyat dan pemerintah Jerman atas insiden jatuhnya pesawat Germanwings yang jatuh di Pegunungan Alpen tanggal 24 Maret lalu," demikian Novanto

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015