Jakarta (ANTARA News) - LINE, platform messenger, memperkenalkan layanan LINE@ di Indonesia, dimana para penggunanya dapat membuat akun resmi untuk berpromosi.

"Kami ingin mendukung UKM lebih berkembang lagi," kata Fanny Verona, e-commerce manager LINE Indonesia, dalam temu media di Jakarta, Selasa.

Fanny mengatakan layanan ini mensasar online shop, restoran dan toko, serta komunitas dan organisasi.

LINE@ untuk Toko Online

Berjamurnya toko online di Indonesia akhir-akhir ini menjadi perhatian bagi LINE@. Terlebih menurut Fanny para pemilik toko online belum memiliki media atau yang tepat untuk baik untuk berpromosi, maupun berkomunikasi dengan pelanggannya.

Fanny mengatakan bahwa layanan LINE@ menawarkan fitur-fitur yang dapat digunakan para pemilik online shop untuk berpromosi secara lebih efisien.

"LINE biasa tidak memiliki fitur broadcast, karena memang tidak ditujukan untuk bisnis. Di sini kami memiliki fitur broadcast, yang tidak hanya berupa teks, namun juga dapat berupa foto maupun sticker," ujar Fanny.

"Online Shop agak kesusahan mengatur management internalnya, di sini kami memberikan 100 admin untuk membantu," tambah dia.

Tidak hanya itu, Fanny mengatakan bahwa layanan tersebut dapat mengedukasi pelanggan dengan mudah mengenai produk yang dijual, cara transaksi dan sayarat ketentuan lainnya di fitur Account Page.

Layanan ini juga menyediakan fitur 1:1 Chat, Auto dan Keyword Replay.

Untuk memberikan lebih banyak kenyamanan kepada para pemilik bisnis online, LINE@ bekerja sama dengan SICEPAT, sebuah perusahaan pengantar barang.

LINE@ untuk Restoran dan Kafe

Fanny menilai Restoran dan Kafe memiliki promosi terbatas hanya kepada para pengunjung suatu pusat perbelanjaan atau mall. Melalui layanan tersebut restoran dapat berpromosi secara online.

"Konsep ini menjadi jalur baru untuk (restoran) offline ke online. Kami ingin menghadirkan para pengguna online sebagai calon pelanggan restoran," ujar Fanny.

Fanny mengatakan fitur yang sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis restoran dan kafe adalah fitur coupon yang dapat mendatangkan pelanggan dan meramaikan restoran/ kafe dengan instan.

Selain itu, restoran/ kafe dapat menarik pelanggan dengan menyebarkan menu atau promosi melalui fitur Timeline Sharing.

LINE@ untuk Komunitas

Layanan ini, menurut Fanny tepat digunakan oleh komunitas atau blogger di Indonesia karena tidak membatasi banyaknya anggota.

"Kebanyakan dari mereka memiliki hambatan untuk mengumpulkan followers di dalam satu platform, sehingga agak kesusahan jika mengadakan kumpul member komunitas," kata dia.

Fanny mengatakan hambatan tersebut dapat diatasi dengan fitur surey dan polling yang dapat digunakan untuk menentukan tempat gathering.

Fitur lainnya, Greeting Message, menurut Fanny juga menjadi fitur andalan bagi komunitas untuk menyapa followers yang baru bergabung di mana komunitas dapat menyampaikan salam maupun aturan kepada para anggota barunya.

LINE@ sendiri telah diluncurkan secara global sejak pertengahan Februari 2015 dan mendukung 17 bahasa diantaranya bahasa Inggris, Indonesia dan Mandarin.

Untuk dapat menggunakan layanan tersebut pengguna dapat mengunduh aplikasi LINE@ di App Store ataupun Google Play.

"Harapan kami, fitur-fitur unggulan LINE@ dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk mendapatkan jalur promosi baru yang lebih mudah dan lebih dekat dengan market," kata Fanny.

"Melalui layanan ini kami ingin mengajak anak-anak muda untuk ramai-ramai berwirausaha, sehingga dapat memajukan ekonomi Indonesia," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015