Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan menetapkan harga patokan ekspor produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan bea keluar periode April 2015 yang mengalami penurunan jika dibandingkan Maret.

"HPE produk pertambangan kembali mengalami penurunan. Fluktuasi harga internasional menyebabkan turunnya HPE produk pertambangan hasil pengolahan. Hanya produk konsentrat tembaga yang mengalami kenaikan tipis," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Partogi Pangaribuan dalam siaran pers Kementerian Perdagangan. 

Ketentuan tersebut, lanjut Partogi, ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 25/M-DAG/PER/3/2015, tertanggal 27 Maret 2015, dan ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai intansi terkait.

Sejumlah produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenite, serta konsentrat titanium lainnya.

Perhitungan harga dasar HPE untuk konsentrat besi dan mangan bersumber dari Asian Metal. Sedangkan konsentrat tembaga, konsentrat timbal, serta konsentrat seng berdasarkan bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Penurunan dialami sebagian besar produk, untuk konsentrat bijih besi (hematit, magnetit, pirit) dengan kadar Fe lebih besar sama dengan 62 persen dengan harga rata-rata 42,20 dolar AS/WMT, atau turun 7,35 persen.

Selain itu, konsentrat bijih besi (gutit/laterit) dengan kadar Fe lebih besar sama dengan 51 persen dan Al2O3 +SiO3 lebih besar sama dengan 10 persen, dengan harga rata-rata 15,30 dolar AS/WMT turun 3,02 persen.

Konsentrat mangan Mn lebih besar sama dengan 49 persen dengan harga rata-rata 156,29 dolar AS/WMT turun 6,07 persen, konsentrat seng Zn lebih besar sama dengan 52 persen, dengan harga rata-rata 733,25 dolar AS/WMT turun 3,44 persen, dan konsentrat timbal Pb lebih besar sama dengan 57 persen dengan harga rata-rata 485,56 dolar AS/WMT turun 4,34 persen.

Produk yang mengalami kenaikan dibandingkan HPE periode sebelumnya adalah konsentrat tembaga Cu lebih besar sama dengan 15 persen dengan harga rata-rata 1.607,14 dolar AS/WMT atau naik sebesar 0,25 persen. Sementara itu, konsentrat ilmenite dan konsentrat titanium lainnya tidak mengalami perubahan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015