Jakarta (ANTARA News) - Aktor Deva Mahenra sudah punya modal untuk memerankan sosok Koesno alias Soekarno  dalam film "Guru Bangsa Tjokroaminoto". 

Bertahun-tahun sebelum ditunjuk sutradara Garin Nugroho untuk menghidupkan tokoh Soekarno muda, Deva telah mengenal sang presiden pertama Indonesia melalui banyak sumber. 

"Sukarno sosok yang tidak asing, saya dari SMA baca biografinya. Pas kuliah semester awal saya magang di Bali, di The Sukarno Center," ungkap Deva di usai penayangan perdana "Guru Bangsa Tjokroaminoto" di Jakarta, Selasa. 

Pengalamannya magang di The Sukarno Center membuatnya kerap bertemu dengan keluarga sang presiden. 

Dari situ pria yang namanya dikenal setelah membintangi serial komedi "Tetangga Masa Gitu?" itu mendengar kisah-kisah sejarah Soekarno yang belum banyak diketahui masyarakat. 

Cerita-cerita yang terpatri dalam kepalanya kemudian diaplikasikan saat memerankan murid yang sempat bermukim di rumah Tjokroaminoto itu. 

"Saya percaya everything happens for a reason (semua terjadi ada alasannya), kenapa saya suka karya Garin, kenapa saya magang di sana, kenapa saya ketemu Sukmawati (Soekarnoputri), terjawab sudah," papar pria kelahiran 19 April 1990. 

"Guru Bangsa Tjokroaminoto" yang proses risetnya memakan waktu selama dua tahun itu akan tayang pada 9 April 2015. Berbagai bintang yang berperan dalam film tersebut meliputi Reza Rahadian, Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Alex Komang, Didi Petet dan Egi Fredly. Selain itu, ada juga penampilan dari Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Christoffer Nelwan dan Alex Abbad. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015