Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Gas Negara (PT PGN)  terus mengembangkan proyek jaringan gas (jargas) di Nusantara, melalui Program PGN Sayang Ibu, dan menambah sambungan ke rumah tangga hingga 1 juta unit.

Program itu dimulai tahun 2014 yang bersinergi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Terbaru adalah penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Bogor dan Tangerang. Adapun proyek jargas bekejasama Kementerian ESDM lain ada di 14 lokasi. Jargas tersebut saat ini ada yang sedang dibangun dan sudah selesai dibangun.

Direktur Utama PT PGN Hendi Prio Santoso dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, mengatakan, catatan positif dalam pembangunan infrastruktur PGN selama 2014 adalah mewujudkan energi non fosil yang ramah lingkungan, murah dan terjamin pasokannya bagi industri serta sektor transportasi.

Kemajuan pembangunan infrastruktur itu disebut Dirut PGN Hendi Prio Santoso, calo gas tak ada di lingkungan dan pengelolaan bisnis Perusahaan Gas Negara. Seluruh pembangunan infrastruktur disesuaikan dengan kebutuhan industri dan sektor transportasi.

Apalagi masih menurut Hendi, korupsi tak ditolerir sedikit pun dalam organisasi PGN melalui penguatan nilai-nilai dan budaya perusahaan. Sehingga gerak laju PGN dapat menghasilkan kinerja dan performa terbaiknya, dengan biaya yang efisien.

Hal itu juga sejalan dengan roadmap pemberantasan korupsi 2012-2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dimana sektor pangan, energi dan pajak menjadi prioritasnya.

Hendi mengatakan bahwa PGN siap untuk mendapatkan penugasan lanjutan dari Kementerian ESDM dalam mengoperasikan jargas di wilayah Indonesia lainnya.

"Kerjasama antara PGN dan Kementerian ESDM ini tentunya akan membuat makin banyak lagi rumah tangga yang menggunakan gas bumi," ujarnya.

Hendi menambahkan PGN berkomitmen dan konsisten dalam mendukung program pemerintah mewujudkan konversi energi ke gas bumi. Melalui pembangunan infrastruktur dan penyaluran gas bumi di berbagai wilayah di Indonesia, PGN membuktikan bahwa gas bumi mampu memperkuat daya saing sektor industri, menciptakan penghematan bagi sektor rumah tangga, UKM dan transportasi, serta mengurangi ketergantungan dari impor energi.

"Sebagai BUMN gas bumi, PGN akan terus melakukan inisiatif dan inovasi untuk memastikan bahwa energi baik ini dapat menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia," demikian Hendi Prio Santoso.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015