Iwan Fals akan membantu saya memberikan `support` (dukungan) pada saya, memberikan inspirasi dan pengaruh masyarakat desa,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menggandeng musisi Iwan Fals untuk menginspirasi masyarakat desa agar bahu-membahu mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan.

"Iwan Fals akan membantu saya memberikan support (dukungan) pada saya, memberikan inspirasi dan pengaruh masyarakat desa," katanya usai membuka Rapat Koordinasi Nasional Kementeriaan DPDTT bertemakan "Desa Membangun Indonesia", Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan peran serta Iwan Fals juga untuk menggali musik-musik etnik daerah yang dapat menjadi musik nasional yang berharga untuk dilestarikan.

"Iwan Fals membantu saya nanti ke desa-desa bermain musik untuk menggali musik-musik etnik yang dibutuhkan, nanti kita kolaborasi dengan dia. Nanti kita pasarkan menjadi musik nasional berskala internasional," ujarnya.

Ia mengatakan musik etnik yabg merupakan budaya desa merupakan salah satu harapan yang ingin diwujudkan selain mendorong pembangunan pada sisi badan usaha milik desa, kearifan lokal dan pemberdayaan sumber daya desa lainnya.

"Tentu akan kita garap semua termasuk desa-desa yang di perbatasan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan lagu karya Iwan Fals tentang desa menjadi motivasi bagi setiap orang terutama pemerintah dan masyarakat untuk membangun desa.

"Dia (Iwan Fals) menjadi penyemangat kita semua," tuturnya.

Bersama Iwan Fals, ia akan berkeliling ke desa-desa untuk membangkitkan semangat masyarakat desa untuk maju bersama dalam pembangunan desa.

"Kita keliling sama bang Iwan kolaborasi dengan musik lokal," ujarnya.

Sementara itu, musisi Iwan Fals mengapresiasi adanya kementerian yang khusus mengurusi desa untuk mendorong pembangunan desa maju.

"Saya membayangkan desa mudah secara ekonomi tentu akan lahir karya yang luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan keterlibatannya dalam berkunjung ke perdesaan bersama Kementerian DPDTT merupakan suatu bentuk dari keinginannya untuk berdampak bagi kesejahteraan desa.

"Ini kerinduan yang terjawab buat saya," katanya.

Ia berharap ke depan ia dapat berkontribusi dalam membangun desa seperti memotivasi warga desa untuk bergerak maju.

"Mudah keberadaan saya di lingkaran ini memberikan nilai tambah untuk mendorong kesejahteraan desa," tuturnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015