Jakarta (ANTARA News) - Sebuah pusat perbelanjaan memberikan penghargaan kepada sejumlah kader lingkungan yakni kader bank sampah di Kelurahan Senayan Jakarta Selatan karena dinilai memberikan dampak positif bagi lingkungan.

"Salah satu jalan keluar dari permasalahan sampah di Jakarta adalah melalu bank sampah. Oleh sebab itu, kami memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah membantu memecahkan permasalahan lingkungan," ujar Wakil Presiden Operasional PT Pacific Place Jakarta, Ishak A Muin, di Jakarta, Selasa.

Bank sampah merupakan ssuatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya.

Penanganan masalah sampah, lanjut dia, harus dimulai dari sumbernya dan diperlukan tindakan nyata serta kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat.

"Timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi lingkungan.Sementara, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia tidak akan bisa menampung sampah yang terus bertambah," terang dia.

Masalah sampah akan menjadi semakin sulit diselesaikan, jika tidak dimulai sumbernya. Diperkirakan, dalam lima tahun ke depan volume sampah mencapai 8.000 ton per hari.

"Bank sampah dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya dan Pacific Place Jakarta mencoba memberikan apresiasi kepada para kader Bank Sampah di Kelurahan Senayan yang luar biasa menginspirasi dan berbuat tanpa pamrih," puji Ishak.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015