Penyerahan ini penyelesaian kegiatan, mulai refocusing 2014 akhir, refocusing 2015, APBN 2015, dengan penyerahan di Pasuruan sudah selesai di Jatim, kontingensi juga sudah dibagikan,"
Pasuruan (ANTARA News) - Kementerian Pertanian telah selesai menyerahkan total tiga ribu traktor se-Jawa Timur saat memberikan 47 unit traktor kepada Kebupaten Pasuruan, Jatim.

"Penyerahan ini penyelesaian kegiatan, mulai refocusing 2014 akhir, refocusing 2015, APBN 2015, dengan penyerahan di Pasuruan sudah selesai di Jatim, kontingensi juga sudah dibagikan," kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sumardjo Gatot Irianto setelah menyerahkan traktor pada gabungan kelompok tani di Desa Siyar, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Selasa.

Bantuan traktor yang diserahkan, kata Gatot, membutuhkan waktu karena menunggu verifikasi dan pengecekan gabungan kelompok tani serta verifikasi alat mesin pertanian (alsintan) yang akan dibagikan.

"Butuh waktu, memang kita pengen cepat, tapi masalah administrasi tetap harus diselesaikan dulu. Ada proses verifikasi pemilik, alat, gapoktan dan perjanjiannya bagaimana," kata dia.

Untuk Kabupaten Pasuruan, Kementan telah menyerahkan bantuan senilai Rp21 miliar yang terdiri atas "power thresher multiguna" sebanyak 10 unit, "corn sheller" sebanyak 15 persen, dan "combine harvester" kecil sebanyak 10 unit, pompa air sebanyak 10 unit, dan traktor roda dua sebanyak 47 unit.

Gatot mengatakan dengan adanya anggaran bantuan yang naik 200 persen, ia menargetkan kenaikan hasil pertanian dapat meningkat 10 persen menjadi tujuh ton dari 5,9 ton di Pasuruan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan yakin bantuan Kementan dapat meningkatkan produktivitas padi menjadi diatas 5,9 ton atau setara dengan kenaikan 10 persen dari luas tanam dan produktivitas sesuai target.

"Produksi padi pada 2014 mencapai 661 ribu ton dengan luasan lahan 68 ribu hektare. Dengan capaian tersebut, Kabupaten Pasuruan menjadi urutan kedua di Jawa Timur setelah Malang. Target kami bisa 6,9 ton lah minimal," ujar dia.

Sedangkan untuk seluruh Indonesia, hingga triwulan pertama 2015 Kementan telah mendistribusikan traktor kepada petani di seluruh Indonesia sebanyak 30 ribu unit dari target 60 ribu unit.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015