... langsung mengejar pelaku HT yang diduga melarikan diri menggunakan ojek...
Jayapura (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Sektor Kawasan Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua tengah mengejar terduga atau tersangka percobaan penyelundupan senjata api rakitan jenis revolver yang terdeteksi mesin pemindai.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Bandara Sentani, AKP Jubelina Wally, ketika dikonfirmasi, di Jayapura, Rabu pagi membenarkan hal itu.

"Saat ini, kami sedang mengejar terduga atau tersangka penyelundupan senjata api rakitan itu. Dan sedang berkoordinasi dengan Polres Jayapura serta pihak lainnya," katanya.

Menurut dia, kronologis kejadian itu bermula dari pelaku berinisial HT datang ke Bandara Sentani sekitar pukul 09.10 WIT dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Kemudian turun dan hendak chek in, namun sebelumnya sempat bertemu dengan Kunim dan Luki untuk membantu membawa tasnya kedalam ruang keberangkatan.

"Pukul 09.20 WIT, saat Kunim hendak chek in dan membawa tas untuk melewati mesin X-Ray, ternyata didalamnya tas itu terdeteksi satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver lengkap dengan enam butir peluru," katanya.

Karena tas tersebut terdeteksi barang terlarang, petugas mesin pemindai langsung melaporkan penemuan itu kepada anggota Polsek Kawasan Bandara Sentani yang sedang bertugas.

"Mendengar informasi tersebut, anggota saya, Brigadir Kepala Polisi Melkias Rumbruren, langsung menahan Kunim dan tas berisi senjata api rakitan itu," katanya.

Lebih lanjut, Wally menyampaikan setelah tas berisi senjata api rakitan dan pembawa tas diamankan, anggotta lain dilapangan yang sudah berkoordinas segera mengejar tersangka utamanya yang mencoba menyelundupkan senjata tersebut.

"Anggota di lapangan langsung mengejar pelaku HT yang diduga melarikan diri menggunakan ojek. Sementara barang bukti berupa tas dan pembawa tas yakni Kunim langsung dibawa ke Mapolsek Kawasan Bandara Sentani guna dimintai keterangan," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015