Ada sekitar 13 ekor anjing pelacak bahan peledak disiapkan untuk mengawal delegasi KTT Asia-Afrika
Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengerahkan tim satwa anjing pelacak khusus bahan peledak guna mengawal para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika 2015 yang berlangsung di Jakarta dan Bandung.

"Ada sekitar 13 ekor anjing pelacak bahan peledak disiapkan untuk mengawal delegasi KTT Asia-Afrika," kata Kepala Sub Detasemen Pelacakan Khusus Mabes Polri Komisaris Polisi Antonius Suparyadi di Jakarta, Rabu.

Antonius mengatakan Polri masih akan menambah tim satwa anjing pelacak yang saat ini masih tahap persiapan.

Antonius menuturkan tim anjing pelacak berperan mensterilkan seluruh lokasi KTT Asia-Afrika dan kendaraan operasional yang digunakan delegasi.

Setiap perwakilan negara peserta KTT Asia-Afrika 2015 enggan memasuki ruangan maupun menumpang kendaraan sebelum dipastikan steril dari bahan peledak, ujar Antonius.

Bahkan tim anjing pelacak akan mulai bekerja mengendus bahan peledak mulai dari pesawat mendarat yang ditumpangi para delegasi mendarat di bandara.

Polri menerjunkan jenis anjing impor dari Belanda dan Amerika Serikat yakni Labrador, Belgian Mallinois dan German Shepherd.

Pelaksanaan KTT Asia-Afrika akan berlangsung enam hari di Jakarta dan sehari di Bandung, Jawa Barat, mulai 18-24 April 2015. 

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015