Penilaian yang dilakukan sejak 5 Februari 2015 sampai 31 Maret 2015 itu melihat dari lima aspek, yaitu dari aspek legalitas, aspek keuangan, aspek pelaku olahraga profesional, aspek pembinaan usia muda, dan aspek kegiatan sosial,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Olahraga Profesional Indonesia menetapkan hanya 16 dari 18 klub yang diverifikasi untuk direkomendasikan mengikuti kompetisi "Indonesia Super League" atau Liga Super Indonesia pada musim 2015-2016 yang dimulai 4 April karena telah memenuhi persyaratan dan ketentuan.

"Setelah melakukan verifikasi secara seksama dan objektif serta dilihat dari temuan yang ada di lapangan hanya ada 16 klub yang lolos," kata Ketua BOPI Noor Aman dalam konfrensi pers di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu.

Dari 18 klub yang telah diverifikasi oleh BOPI dibagi menjadi tiga kategori yang direkomendasi karena memenuhi persyaratan penuh (kategori A), direkomendasi dengan catatan ringan (kategori B), dan belum direkomendasi (kategori C).

Klub-klub dalam kategori A ialah Semen Padang FC, Sriwijaya FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Persipura Jayapura.

Sementara klub-klub di kategori B antara lain Bali United, Barito Putera, Persiram Raja Ampat, Pusamania Borneo FC, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Persela Lamongan, Perseru Serui, Pelita Bandung Raya, dan Gresik United.

Sedangkan dua klub dalam kategori C yang belum mendapat rekomendasi BOPI yakni Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya.

Noor Aman mengatakan verifikasi BOPI melihat dari lima aspek. "Penilaian yang dilakukan sejak 5 Februari 2015 sampai 31 Maret 2015 itu melihat dari lima aspek, yaitu dari aspek legalitas, aspek keuangan, aspek pelaku olahraga profesional, aspek pembinaan usia muda, dan aspek kegiatan sosial," tutur dia.

Dari 16 klub yang direkomendasikan tersebut, terdapat lima klub yang sebelumnya masih memiliki catatan karena belum memenuhi persyaratan yakni Mitra Kukar, Persela Lamongan, Gresik United, Perseru Serui, dan Pelita Bandung Raya.

"Tambahannya itu bukan berarti kami kompromi, tapi persyaratannya sudah terpenuhi," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot Dewa Broto.

Sementara dua klub tidak direkomendasikan yaitu Persebaya Surabaya dan Arema Malang, karena tidak memenuhi persyaratan legalitas klub lantaran kepemilikan ganda.

BOPI juga menetapkan jadwal kick-off atau dimulainya pertandingan pertama kompetisi ISL tetap pada 4 April mendatang. 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015