Urusan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi harus dilihat sebagai satu sistem,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar meminta hasil rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dijalankan.

"Urusan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi harus dilihat sebagai satu sistem," ujar Marwan di Jakarta, Rabu.

Bukan saja pada organisasi pelaksanaanya, tetapi juga subtansi penanganan ketiga aspek yang sama tersebut.

Menteri Marwan memberi contoh pembangunan di daerah tertinggal harus memiliki fokus dan lokus yang bercirikan pedesaan dan kegiatan transmigrasi juga digunakan sebagai skenario pengembangan wilayah, yang memiliki basis pembangunan di kawasan pedesaan.

"Silahkan disepakati bagaimana mekanisme terbaik untuk koordinasi pelaksanaan ketiga aspek tersebut, baik di tingkat pusat hingga daerah," pintanya.

Meski Rakornas hanya berlangsung dua hari yakni pada 31 Maret hingga 1 April, Menteri Marwan optimistis permasalahan dan keterbatasan dalam menyelesaikan persoalan desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dapat teratasi.

"Kami berharap, apa yang sudah dihasilkan dalam Rakornas harus segera dijalankan, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Marwan, berharap.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015