... mekanismenya sama seperti langganan air, berapa penggunaannya itu yang dibayar...
Balikpapan, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi percontohan program gas kota Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan mengikutkan 3.000 rumah tangga sebagai peserta.

"Tahap awal, lokasi dimulai di Kecamatan Balikpapan Tengah," kata Kepala Bidang Ekonomi Balikpapan, Arzaedi Rachman, di Balikpapan, Rabu.

Rumah tangga yang diikutkan percontohan itu ada 700 rumah di Kelurahan Karang Jati, 1.950 di Kelurahan Karang Rejo dan 1.350 di Kelurahan Sumber Rejo 1.350 KK. Untuk seluruh rumah tangga itu akan dialirkan gas dari Pertamina.

Oleh konsultan proyek PT Bennatin Surya Cipta ditetapkan 9 titik untuk memasang regulator penyaluran gas ke rumah tangga tersebut. Sedangkan dari Pertaminam gas didistribusikan melalui pipa.

Menurut dia, ada lima regulator sektor yang terletak di RT 20 dan RT 11 Kelurahan Karang Rejo, satu regulator di kantor Kelurahan Karang Rejo dan satu lainnya di kantor Kelurahan Sumber Rejo, kemudian dua regulator lagi di RT 41 dan 44 Kelurahan Sumber Rejo.

"Di setiap rumah nanti juga dipasang meteran gas. Jadi, mekanismenya sama seperti langganan air, berapa penggunaannya itu yang dibayar," katanya.

Menurut ia, pembangunan jaringan pipa gas langsung ke rumah warga ini dapat diatasi persoalan kelangkaan tabung gas, sekaligus diharapkan bisa menghilangkan praktik menimbun persediaan tabung gas.

"Masyarakat juga tidak lagi direpotkan dengan berburu gas tabung ke sana ke mari saat persediannya habis," tambahnya.

Sebelumnya, Kota Balikpapan sudah memiliki SPBG di beberapa lokasi. Satu SPBG Induk akan dibangun di Karang Anyar. SPBG ini untuk mobil-mobil dinas pemkot dan angkutan kota.

"Memang baru SPBG-nya. Untuk gas-nya kita masih menunggu seluruh pembangunan selesai, diantaranya yang di Karang Anyar itu," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretari Balikpapan, Sri Soetantinah, dalam kesempatan terpisah. 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015