Athena (ANTARA News) - Bank Sentral Eropa (ECB) pada Rabu meningkatkan lagi Bantuan Likuiditas Darurat (ELA) untuk bank-bank Yunani sebesar 700 juta euro, demikian menurut sumber perbankan.

Langkah terbaru itu mengangkat total pagu bantuan likuiditas menjadi 71,8 miliar euro (77,3 miliar dolar AS).

Bank-bank Yunani bergantung pada ECB untuk pembiayaan, tetapi bank sentral zona euro itu tidak lagi menerima obligasi pemerintah Yunani sebagai jaminan atas pinjaman.

Ini telah dilakukannya sebelumnya di bawah mekanisme pengecualian khusus, tetapi dibatalkan sampai pemerintah baru Athena yang anti-penghematan di bawah Perdana Menteri Alexis Tsipras dapat mencapai kesepakatan utang baru dengan para kreditornya.

Tanpa pengecualian, bank-bank Yunani sekarang hanya mengandalkan ELA, yang lebih mahal daripada operasi pembiayaan kembali (refinancing) bank sentral normal.

Bank-bank Yunani sangat membutuhkan likuiditas. Dari awal Desember hingga akhir Februari, pemegang rekening perorangan dan perusahaan menarik 25 miliar euro, dipicu kekhawatiran tentang gagal bayar (default) Yunani di bawah pemerintahan radikal Tsipras, demikian seperti dilaporkan AFP..

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015