Tangerang (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kota Tangerang menyatakan ada lima sekolah tingkat SMA di kota itu yang siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online pada 13 April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Akhmad Luthfi di Tangerang, Kamis, mengatakan, kelima sekolah tersebut yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 8, SMK Yuppentek 1, SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3.

Kelima sekolah tersebut, lanjutnya, telah melakukan uji coba pelaksanaan UN online meski ada beberapa kendala seperti server yang tidak terhubung.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyampaikan informasi kepada pemerintah pusat yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyiapkan sarana pelaksaan UN Online.

Jangan sampai nantinya saat pelaksanaan UN Online, menemui kendala dan menganggu konsentrasi para siswa yang berharap lulus.

"Semoga saja nantinya kendala yang sekarang ditemui dalam ujicoba tidak terjadi lagi. Maka itu, kita akan terus lakukan ujicoba," jelasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Tangerang Tatang Sutardi mengatakan ada 281 siswa yang ikut dalam UN Online di sekolahnya dengan rincian 184 siswa jurusan IPA dan 57 siswa jurusan IPS.

Berbagai sarana pun telah disiapkan seperti halnya 89 unit komputer dan tujuh laptop. Semuanya telah diujicoba dan dihubungkan dengan server pusat.

"Rasio perbandingan siswa dan komputer yakni satu berbanding tiga. Seluruh perangkat telah siap begitu juga pasokan listrik dari PLN agar tidak padam," paparnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan UN Online akan dilakukan pada tanggal 13 April hingga 15 April secara serentak.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015