Kita di sini berbicara mengenai satwa hampir punah yang menghadapi berbagai jenis ancaman
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake mengatakan pemerintah negaranya senang bekerjasama dengan Indonesia untuk melindungi satwa liat yang terancam punah di kedua negara.

"Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, masyarakat dan sektor swasta. Kita di sini berbicara mengenai satwa hampir punah yang menghadapi berbagai jenis ancaman," katanya dalam diskusi tentang kerja sama tersebut di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, hewan-hewan seperti badak, gajah dan harimau sumatera tidak hanya semakin sulit ditemui di alam liar, tetapi juga diperdagangkan secara ilegal.

"Oleh karena itu, pada tahun lalu, Indonesia dan AS menandatangani surat keterlibatan bilateral dan kerja sama regional untuk memerangi perdagangan tersebut," ujarnya.

Kegiatan bersama pertama dari kerja sama ini adalah forum multi pemangku kepentingan bertajuk "Lokakarya Pengembangan Rencana Aksi" di Bogor pada 3-5 Februari silam.

Lokakarya ini melibatkan instansi pemerintah Indonesia, pemerintah AS, lembaga internasional, organisasi, perguruan tinggi dan masyarakat sipil.

Forum ini menghasilkan sejumlah rencana aksi (action plan) yang dibagi menjadi enam bidang prioritas, yaitu kerja sama penegak hukum, edukasi dan keterlibatan publik, manajemen konservasi, keuangan dan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi alternatif dan reformasi hukum dan regulasi.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015