Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia Sean Gelael mengatakan salah satu perjuangan berat yang harus bisa ditaklukannya adalah bisa menjadi pebalap Formula 1 dari Indonesia suatu saat nanti.

"Walaupun jadwal balap saya ke depan cukup padat tetapi dengan fokus ke Formula Renault 3.5, saya sangat berharap untuk mencapai suatu prestasi yang membanggakan dan kemudian bisa berpartisipasi di ajang Formula 1," kata Sean saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Tahun ini, Sean Gelael akan bertarung di Kejuaraan Formula Renault 3.5, kejuaraan yang setingkat di bawah Formula 1.

Sean direncanakan untuk mengikuti seluruh seri yang dipertandingkan dengan total sembilan seri yang akan dimulai di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, tanggal 25-26 April mendatang.

Kejuaraan lain yang rencananya akan diikuti oleh Sean tahun ini adalah GP2 dan Sean hanya akan mengikuti dua seri perlombaan, yaitu di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, pada 22-23 Agustus dan di Yas Marina, Uni Emirat Arab (UEA).

Sean juga berharap dapat kembali berlaga di Macau Grand Prix yang sudah pernah diikutinya pada 2013 dan 2014.

Ia menargetkan posisi lima besar dalam Kejuaraan World Series Formula Renault 3.5 yang akan diselanggarakan dalam sembilan seri.

Sebelumnya, pada 5-6 Maret lalu, Sean sempat mengikuti latihan resmi pertama Formula Renault 3.5

Dari empat sesi, Sean berhasil mencatatkan dirinya sebagai pebalap tercepat ketiga di sesi terakhir yang dijalaninya.

Sedangkan dalam uji coba yang dilakukan pada 30 Maret, walaupun akhirnya harus puas berada di posisi ke-15, namun Sean sempat mencatatkan dirinya berada di posisi kedua tercepat saat sesi kedua dimulai.

Posisi tersebut sempat bertahan cukup lama, sebelum para pesaingnya mencatat waktu lebih cepat.

Sean terpaksa tidak dapat melaju lebih cepat akibat kendala teknis. 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015