Beijing (ANTARA News) - Mantan kepala keamanan Tiongkok, Zhou Yongkang, didakwa melakukan suap, penyalahgunaan kekuasaan dan menjual rahasia negara, lapor kantor berita Xinhua.

Zhou yang berlatar belakang industri perminyakan adalah anggota Komite Sentral Partai Komunis dan menjadi pejabat tertinggi yang diadili sejak Geng Empat pada 1980-an.

"Terdakwa Zhou Yongkang...memanfaatkan posisinya untuk mencari keuntungan bagi pihak lain, mengambil secara tidak saha properti dan assset pihak lain, dan menyalahgunakan kekuasaan, yang menyebutkan kerugian pada properti publik dan kepentingan negara serta rakyat," tulis Xinhua mengutip bunyi dakwaan.

Juli tahun lalu, pihak berwenang menginvestigasi Zhou, yang memanfaatkan kekuasaannya sampai pensiun pada 2012. Zhou dipecat dari partai dan kemudian resmi ditahan Desember tahun lalu.

Dia menjadi figur paling terkenal yang menjadi korban kampanye antikorupsi Presiden Xi Jinping yang memang membidik para pelaku korupsi kelas atas.

Sekutu-sekutu politik Zhou juga sudah diadili karena tuduhan korupsi, antara lain Jiang Jiemin, mantan kepala Perusahaan Minyak Nasional Tiongkok.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015