Barabai, Kalsel (ANTARA News) - Ratusan calon peserta ujian nasional tingkat SMA sederajat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengikuti senam otak dengan tujuan agar mereka lebih lancar dalam mengerjakan berbagai soal ujian akhir tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Hulu Sungai Tengah (HST) Dia Udini di Barabai, Jumat, mengatakan, senam otak tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mendorong siswa agar lebih siap menghadapi ujian nasional pada 13-15 April untuk tingkat SMA dan 13-16 April untuk SMK.

"Senam otak tersebut merupakan rangkaian kegiatan training motivasi yang meliputi tiga bagian, yaitu motivasi diri, motivasi belajar dan motivasi kesiapan UN juga akan diisi dengan senam otak serta ditambah dengan muhasabah," katanya.

Dengan mengambil tema "Bersama Kita Bisa", tambah Udini, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi serta semangat para pelajar, yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional dan dikemas lewat interaksi yang santai dan suasana yang gembira..

"Hasil UN tahun ini, bakal menjadi bahan pertimbangan pemetaan dan seleksi masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya," katanya.

Ujian Nasional di HST taqhin ini bakal diikuti, untuk tingkat SMA sebanyak 1.238 siswa, Madrasah Aliyah diikuti oleh 854 siswa, dan untuk SMK akan diikuti 798 siswa, sehingga keseluruhan peserta UN tahun ini akan diikuti 2890 siswa.

"Hanya satu sekolah yang direkomendasikan untuk menggunakan ujian sistem online Computer Base Test yaitu SMK Negeri 1 Barabai," katanya.

Sebelumnya, Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid berkesempatan untuk membuka secara langsung Training Motivasi Spirit Funtastic Of Ujian Nasional yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten HST bekerjasama dengan Murakata Emotional Training Center (METC) di Gedung Sasana Krida dan Olahraga Barabai, Kamis (2/4).

Menurut Bupatipara siswa yang berhadir pada kegiatan training motivasi tersebut, untuk terus mempersiapkan diri dengan sebaik baik nya dalam menghadapi UN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

"Tidak hanya persiapan melalui proses belajar saja, namun mental serta fisik juga harus disiapkan, kita mengharapkan hasil yang terbaik bagi anak - anak kita di HST ini," katanya.

Bupati berharap, seluruh peserta bisa lulus 100 persen, sehingga seluruh bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi, dan bisa mencapai cita-citanya dengan lebih baik.

Bupati juga berharap, visi ke depan juga harus ditanamkan bagi anak-anak kita mengingat merekaadalah calon pemimpin masa depan yang akan membangun banua menjadi lebih baik lagi, ini juga menjadi salah satu motivasi untuk keberhasilan menghadapi UN.

Dalam kegiatan tersebut turut berhadir Kepala Kementerian Agama Kab HST H. M Yamani , Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai Deddy Setiawan, dan kepala sekolah tingkat SMA, MA dan SMK se-Kabupaten HST.8:48:41

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015