London (ANTARA News) - Dua Film pendek promosi pariwisata produksi Kementerian Pariwisata RI memenangkan award untuk kategori History and Culture (Wonderful Indonesia: History and Culture) dan kategori sport and adventure (Wonderful Indonesia:  Diving), pada the International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria ke-11, "On the East Coast of Europe".

Pemberian Award diumumkan saat penutupan Festival Jumat malam di Cathedral Rozhdeshtvo Bogorodichno Hall kota Veliko Tornovo dan diserahkan Ketua Tim Juri Dr. Marin Damianov, dan juri Antoni Ivanov Tsonev, kepada Dubes RI Bunyan Saptomo, demikian Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London,Sabtu.

Pada kesempatan penyerahan award, Dr. Marin mengatakan sangat terkesan dengan film History and Culture yang menggambarkan keragaman budaya dan agama di Indonesia. Sedangkan Antoni Tsonev menyampaikan film "Diving" menunjukkan keindahan bawah laut Indonesia dengan keanekaragaman biota-nya yang menjadikan Indonesia sebagai surga bagi pecinta diving.

Festival yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 90 film dari 23 negara yaitu Bulgaria, Serbia, Brazil, Portugal, Maroko, Thailand, Siprus, Macedonia, Swiss, Kroasia, India, Indonesia, Mesir, Yunani, Polandia, Peru, Kepulauan Faroe (dekat Denmark), Republik Ceko, Austria, Malta, Perancis, Finlandia, dan Jerman.

Pada Festival Film pariwisata ini dipertandingkan lima Kategori Film yaitu Nature & Ecotourism; History and Culture; Sport and Adventure; Faith & Traditions; dan Corporate Tourism Film / Spot. Dari lima Kategori tersebut, hanya kategori Faith & Traditions yang tidak diikuti Indonesia.

Prestasi kali ini cukup membanggakan mengingat keempat film Kementerian Pariwisata yang diikutsertakan pada festival termasuk film dengan judul Feeling is Believing (kategori Corporate Tourism Film / Spot) dan Nature & Ecotourism (kategori Nature & Ecotourism), sebelumnya telah pula masuk dalam nominasi pemenang award.

Tahun ini adalah tahun ke-2 bagi Kementerian Pariwisata RI berpartisipasi pada ITFF. Pada tahun lalu Kementerian Pariwisata hanya mengirimkan satu film dan sempat masuk dalam daftar nominasi.

The International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria merupakan satu-satunya festival film bergengsi dengan tema pariwisata di Bulgaria yang diadakan setiap tahun di kota Veliko Tornovo ini diselenggarakan Pemerintah Kota Veliko Tornovo bekerjasama dengan perusahaan "Consulting & Communication Agency" serta Asosiasi Tour Operators dan Travel Agents Bulgaria.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015