Jakarta (ANTARA News) - Dua film pendek promosi pariwisata produksi Kementerian Pariwisata RI menjadi juara dalam International Tourism Film Festival (ITFF) ke-11 yang bertajuk "On the East Coast of Europe" di Bulgaria.

"Kami bangga, prestasi itu semacam pisau bermata dua. Pertama sukses mempromosikan pariwisata dengan tema budaya dan sejarah, lalu sukses mengekspose keindahan bawah laut Indonesia di mata dunia. Karena itu, kami sangat menghargai kemenangan ini, sebagai promosi yang sangat efektif," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Sabtu.

Kedua film pendek itu memenangi penghargaan untuk kategori history and culture (berjudul Wonderful Indonesia: History and Culture), dan kategori sport and advanture (dengan judul Wonderful Indonesia: Diving).

Menteri Arief juga menyatakan bangga pada prestasi anak-anak bangsa yang piawai mengemas sumber daya alam, keindahan budaya dan surga bawah laut Nusantara yang tak ada duanya dalam sebuah film pendek.

Menurut dia, mereka mengalahkan professional lain dari seluruh penjuru dunia.

"Menciptakan tema, menyusun cerita, berkreasi, membuat film pendek, mengambil gambar, editing dan membangun kesan yang mendalam itu adalah kreativitas yang patut diacungi jempol," kata Arief Yahya.

Penghargaan itu diumumkan saat penutupan festival, Jumat malam (3/4) di Cathedral Rozhdeshtvo Bogorodichno Hall, Kota Veliko Tornovo. (Baca: Dua film parisiwata raih award di Bulgaria)

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015