Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi ketiga pada tes pramusim lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain, Jumat (3/4) waktu setempat.

Cep Goldia, media relations Rio Haryanto dalam surat elektronik yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, menyebutkan pada sesi sore hari Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racing tersebut mencapai garis finis dengan catatan waktu 1:41.707 dari 39 putaran.

Pada sesi ini, posisi pertama ditempati pebalap tim Hilmer Motorsport Nigel Melker dengan catatan waktu 1:41.566, sedangkan kedua ditempati pebalap tim Rapax Sergey Sirotkin dengan catatan waktu 1:41.633.

Pada sesi pagi hari, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:40.663, sedangkan posisi pertama ditempati pebalap Pierre Gasly dari tim DAMS dengan catatan waktu 1:39,632, kedua pebalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan catatan waktu 1:39.646, sedangkan ketiga ditempati pebalap Russian Time Micth Evans dengan catatan waktu 1:39.679.

Tes pada Jumat waktu setempat tersebut merupakan rangkaian terakhir dari tes pramusim yang berlangsung tiga hari sebelum 26 pebalap tampil pada lomba yang sebenarnya atau resmi di tempat yang sama Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain, 17-19 April mendatang.

Berbeda dengan hari sebelumnya, hari terakhir tes di Bahrain ini dibuka dengan cuaca langit yang cerah dan udara panas ciri khan Timur Tengah. Setelah pit line dibuka, para peserta berlomba mencatat waktu tercepat dengan memasang ban pirelli jenis lembut seawal mungkin.

Pada sesi pagi, Rio langsung turun di menit-menit permulaan. Rio sempat menembus posisi 10 besar pada 30 menit pertama, tetapi temperatur semakin naik di sepanjang sesi dan mempengaruhi performa ban. Fokus tim beralih pada percobaab setelan mobil dan simulasi balapan.

Pebalap berusia 22 tahun ini sempat memperbaiki waktu etelah satu jam berlalu kemudian Rio berkonsentrasi mencoba berbagai setelah mobil dan akhirnya menempati posisi ke-16 dari 15 kali putaran.

Pada sesi sore hari yang menjadi sesi uji coba terakhir sebelum balapan sesungguhnya dimulai. Rio berhasil mencetak performa terbaiknya dan sempat menempati posisi keenam pada 30 menit sebelum perlombaan berakhir.

Namun mobil yang dikendarai Norman Nato dari tim Arden Internasional sempat terbakar sehingga lomba dihentikan sejenak. Setelah restar, para kompetitor kembali bersaing ketat demi mencatatkan waktu tercepat.

Akhirnya Rio Haryanto berhasil menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 1:41.707 dan hanya terpaut 0,141 detik dari Bigel Melker yang menempati posisi pertama.

Lomba balap mobil GP2 Series 2015 ini dibagi dalam 11 seri. Seri pertama dimainkan di Sirkuit Sakhir, Bahrain (17-19 April), seri kedua di Barcelona, Spanyol (8-10 Mei), seri ketiga di Monte Carlo, Monaco (21-23 Mei), seri keempat di Sirkuit Red Bull Ring, Austria (19-21 Juni), seri keempat di Silverstone, Inggris (3-5 Juli).

Kemudian seri keenam di TBA Jerman (17-19 Juli), seri ketujuh di Budapes, Hongaria (24-26 uli), seri kedelapan dimainkan di Spa-Francorchamps, Belgia (21-23 Agustus), kedelapan di Sirkuit Monza, Italia (4-6 September), kesepuluh digelar di Sochi, Rusia (9-11 Oktober), sedangkan terakhir atau kesebelas dimainkan di Yas Marina, Uni Emirat Arab (27-29 November).

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015