Jakarta (ANTARA News) - Arsenal naik ke peringkat dua klasemen sementara Liga Utama Inggris setelah mengalahkan Liverpool 4-1 pada pekan ke-31 di Stadion Emirates, London, Sabtu.

Arsenal kini ditempat kedua setelah mengoleksi 63 poin hasil dari 31 laga, menggusur Manchester City yang baru mengumpulkan 61 poin dari 30 laga.

Arsenal sudah mengguncang lini pertahan Liverpool di menit ke-2 melalui sontekan Alexis Sanchez memanfaatkan kesalahan Joe Allen dan Sakho.

Kerjasama satu-dua antara Alexis dan Giroud nyaris berbuah gol jika tidak diantisipasi bek Liverpool Kolo Toure.

Tim asuhan Arsene Wenger mencetak tiga gol dalam waktu delapan menit menjelang akhir babak pertama. Gol pertama Arsenal dibukukan Hector Bellerin di menit 37 memanfaatkan umpan Aaron Ramsey dari lini tengah.

Tiga menit kemudian Mesut Ozil mencetak gol kedua melalui eksekusi tendangan bebas yang  bermula dari pelanggaran bek Liverpool Sakho.

Alexis Sanchez menambah keunggulan Arsenal di menit 45 memanfaatkan umpan Aaron Ramsey. Skor 3-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua, Liverpool yang membutuhkan gol balasan memasukan Daniel Sturridge menggantikan Lazar Markovic.

Menit 55 penjaga gawang Liverpool, Simon Mignolet, melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan bola sundulan Giroud.

Menit 63 dan 67, gelandang serang Liverpool Coutinho melakukan serangan bersama Raheem Sterling namun tidak berbuah gol. Joe Allen juga memiliki peluang di menit 72 usai menerima umpan Coutinho, namun tidak berbuah gol.

Liverpool akhirnya mencetak gol balasan melalui tendangan penalti Jordan Henderson di menit 76. Hadiah penalti tersebut bermula dari kesalahan Bellerin yang menjatuhkan Raheem Sterling di kotak terlarang.

Namun Liverpool harus bermain dengan 10 pemain ketika Emre Can menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Danny Welbeck di menit 84.

Arsenal yang unggul jumlah pemain berhasil menambah gol melalui aksi Olivier Giroud memaksimalkan umpan Alexis Sanchez di menit 90. Hingga laga usai skor 4-1 tetap bertahan.

Kemenangan ini membuat Arsenal naik ke peringkat dua klasemen menggusur Manchester City. Arsenal mengoleksi 63 poin dari 31 laga sementara City 61 poin dari 30 laga. Di sisi lain, Liverpool tetap di peringkat lima klasemen dengan 54 poin dan berpotensi turun peringkat jika Southampton berhasil mengalahkan Everton malam ini.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari situs resmi Liga Utama Inggris:

Arsenal (4-2-3-1): Ospina, Bellerin, Mertesacker, Koscielny (Paulista), Monreal, Coquelin, Cazorla, Ramsey (Flamini), Ozil (Welbeck), Alexis, Giroud.

Liverpool (3-4-3) :Mignolet, Can, Toure, Sakho, Allen, Lucas, Moreno, Henderson, Coutinho, Markovic (Daniel Sturridge), Sterling.

Gol: Arsenal 4-1 Liverpool
(Hector Bellerin 37, Mesut Ozil 40, Alexis Sanchez 45, Giroud 90 - Jordan Henderson, Penalti 76)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015