Makassar (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menghadiri Musyawarah Nasional XI Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar.

Wapres dan rombongan tiba di lokasi, Senin, sekitar jam 09.30 WITA.

"Kehadiran Wapres dalam Munas ini merupakan suatu kebanggan bagi kami," kata Rektor UMI Prof Dr Masrurah di Makassar.

Dia mengatakan, peran PTS saat ini tidak kalah dengan Perguruan Tinggi (PTN) yang ada saat ini, bahkan jumlah PTS di wilayah ini mencapai 500 PTIS dari 2.000-an PTS di Indonesia.

Munas BKS-PTIS ini berlangsung 6-8 April 2015 yang bertujuan membahas berbagai permasalahan yang ada dengan menemukan solusi strategis.

Selain itu, juga jaringan PTIS harus dikembangkan untuk menghilangkan kecenderungan dikotomi PTIS yang satu dengan yang lainnya.

Dengan demikian, proses pengembangan, kerjasama dan saling belajar antara perguruan tinggi dapat terjadi secara secara lebih luas dan produktif.

"Karena itu, program BKS-PTIS memerlukan penajaman dan sekaligus pendalaman sesuai dengan kebutuhan PTIS yang tergabung di dalamnya," kata Masrurah.

Melalui Munas yang mengusung tema "Optimalisasi Peran PTIS dalam Pembangunan Bangsa" ini, lanjut dia, diharapkan akan melahirkan rumusan langkah strategis menuju perguruan tinggi Islam berstandar global.

Sementara itu, kehadiran Wapres di Makassar selain menghadiri Munas di UMI, juga diagendakan ke Universitas Hasanuddin, Makassar menghadiri acara talk show salah satu televisi swasta.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015