Makassar (ANTARA News) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengungkapkan tiga fungsi ilmu yang harus diamalkan, khususnya pada jenjang pendidikan tinggi agar ilmu itu bermanfaat.

"Fungsi ilmu itu ada tiga. Untuk diri sendiri, untuk keluarga yang telah membiayai pendidikan kita dan untuk bangsa, negara sebagai tempat pengabdian," kata JK pada Munas XI Badan Kerja Sama - Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Senin.

Dia mengatakan, menghadapi kompetisi antarperguruan tinggi akan memunculkan kemampuan baru yang tercermin pada sekolah favorit dan andalan di tingkat sekolah lanjutan.

"Yang keluar sebagai pemenang adalah selalu yang lebih baik, lebih cepat dan murah. Karena itu, para alumninya diharapkan harus lebih baik," kata dia.

Dia mengimbau sekolah dan perguruan tinggi swasta menyajikan layanan pendidikan berkualitas di masa berikutnya, namun tetap terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.

Menyoal pesatnya pertumbuhan perguruan tinggi swasta dari tahun ke tahun, JK menilainya harus ditunjang dengan kualitas, karena jika itu tidak terlaksana, maka akan ditinggalkan.

"Karena itu, setiap perguruan tinggi itu boleh saja banyak jumlahnya, tapi apabila kualitasnya kurang, maka dia akan dikalahkan oleh universitas yang baik,"  kata JK

Ada lebih dari 200 PTS di Sulawesi, sedangkan total di Indonesia adalah 2000-an PTS.

Wapres berada di Makassar untuk menghadiri Munas di UMI dan mengunjungi Universitas Hasanuddin, Makassar guna menghadiri acara talk show salah satu televisi swasta.




Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015