Pariaman, Sumatera Barat (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR-RI Jhon Kennedi Azis mengunjungi Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendengarkan langsung aspirasi di daerah itu dan berjanji untuk mengawal kebijakan pembangunan daerah.

"Dengan adanya kesempatan saya menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019, dapat membantu membangun daerah yang diwakili baik Kota maupun Kabupaten Padang Pariaman, baik secara infrastuktur, dana, dukungan dan lainnya," katanya di Pariaman, Senin

Ia mengatakan, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus punya program yang jelas dan matang dengan konsep yang mewakili visi dari Kota Pariaman yaitu mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama dapat segera diimplementasikan.

Ia mengingatkan kepada SKPD agar tidak berbasa-basi mengantarkan proposal ke tingkat pusat, baik ke kementerian maupun Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sehingga nantinya pemerintah pusat punya landasan yang kuat untuk membantu daerah yang membutuhkan.

Sementara itu Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menyebutkan untuk memajukan daerah itu diperlukan kerjasama antar daerah baik tingkat provinsi maupun nasional.

Ia menyebutkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah itu sangat kecil untuk bisa membangun serta mempromosikan Pariaman yang berjuluk Kota Tabuik, sehingga pihaknya mengalami kendala untuk melakukan pembangunan dengan skala yang besar.

Walaupun demikian, ia meminta kepada seluruh SKPD di daerah itu mampu mengoptimalkan seluruh potensi, seperti dunia pariwisata.

"Diharapkan dengan adanya anggota DPR asal dari daerah ini, mampu membantu memfasilitasi baik dari segi infrastruktur pembangunan maupun suntikan dana dari pusat," ujar Genius Umar.

"Kita harus bisa memprogramkan apa yang harus dilakukan oleh kota, provinsi maupun apa yang bisa dibantu oleh pemerintah pusat, sehingga perencanaan pembangunan dapat terintegrasi secara baik," katanya.

Ia mengatakan, seandainya ini dapat dilaksanakan maka untuk menjadikan kawasan Sumbar menjadi kawasan megapolitan dan tujuan pariwisata yang mendunia dapat terwujud.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015