Denpasar (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Ronny Sompie memantau kesiapan panitia termasuk tempat pelaksanaan kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Sanur, Denpasar.

"Kami bagi (pengamanan) dengan pola ring satu sampai empat," katanya di Sanur, Denpasar, Selasa.

Namun mantan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri itu tidak menyebutkan detail pola pengamanan itu karena menyangkut strategi operasi keamanan.

Ronny Sompie menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan kongres tersebut dilaksanakan secara khusus dengan sandi "Operasi Puri Agung I" yang mulai dilaksanakan pada 7-12 April 2015.

Selain mengecek kesiapan lokasi kongres, untuk memastikan keamanan, polisi, kata dia, telah mengerahkan fungsi intelijen dan petugas Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk melakukan deteksi terhadap ancaman gangguan keamanan.

Wakil Kepala Polda Bali Brigadir Jenderal Nyoman Suryastra juga terlihat mengecek pelaksanaan kongres partai berlambang banteng dengan moncong putih itu yang mengambil tempat di Hotel Inna Grand Bali Beach.

Beberapa polisi juga terlihat mengecek keamanan mulai dari pintu gerbang masuk hotel hingga ruang utama tempat berlangsungnya kongres tersebut.

Sementara itu di lokasi kongres, suasana merah yang diramaikan dengan atribut khas PDI-P seperti spanduk, penjor (hiasan bambu dengan janur khas Bali) dan bendera partai PDI-P sudah menghiasi arena kongres.

Sejumlah petugas nampak sibuk mempersiapkan tahapan finalisasi pemasangan sejumlah atribut kongres menjelang pembukaan yang dilaksanakan pada Rabu (8/4).

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015