Di Kabupaten Bengkalis ada 38 Sekolah Menengah Atas (SMA), jadi dari masing-masing sekolah tersebut hanya mengkhatamkan satu jus saja...
Bengkalis (ANTARA News)- Warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyambut baik program sehari Khatam Alquran dan program magrib mengaji yang telah diluncurkan oleh Bupati Bengkalis Herlian Saleh beberapa waktu lalu.

"Program ini begitu baik, pemimpin Bengkalis sebelumnya belum ada melakukan program semulia ini, Bupati Herliyan Saleh pemimpin pertama yang meluncurkan program ini," kata warga Desa Jangkang Rafiah (25).

Menurut Rafiah dengan setiap hari khatam Alquran maka kabupaten Bengkalis akan jauh dari musibah dan bahaya yang akan terjadi.

Selain itu warga Desa Ketamputih Romadhan (56) mengatakan program sehari khatam Alquran merupakan program yang dipandang mulia.

"Dengan keharusan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maka semangat anak-anak untuk mengaji akan meningkat, terlebih saat ini zaman serba canggih keinginan anak-anak untuk mengaji juga tergolong menurun," katanya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh mengatakan program sehari khatam Alquran yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu telah perlahan terrealisasi.

Adapun cara untuk merealisasikan program sehari khatam Alquran tersebut, kata dia, adalah dengan kerjasama semua sekolah di Kabupaten Bengkalis.

"Di Kabupaten Bengkalis ada 38 Sekolah Menengah Atas (SMA), jadi dari masing-masing sekolah tersebut hanya mengkhatamkan satu jus saja, misalnya, jus pertama diambil oleh SMA 1, jus kedua diambil SMA 2 dan begitu seterusnya, jadi setiap hari di Kabupaten Bengkalis akan terjadi khatam Alquran," katanya.

Ia mengatakan jika sekolah tingkat SMA dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa melakukan pengajian diyakini Kabupaten Bengkalis bisa melakukan lebih dari satu kali khatam Alquran.

Oleh karena itu ia berharap sejak dini anak-anak harus diberikan pemahaman dan pembelajaran pembacaan Alquran seperti magrib mengaji oleh orang tua.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015